Harga Emas di Jakarta Stabil

Ilustrasi/Emas Batangan
Sumber :
  • VIVAnew/Ist

VIVAnews - Harga emas cenderung stabil dalam sebulan terakhir. Transaksi jual beli emas di sejumlah toko di Jakarta juga berjalan normal.

Hendry, salah seorang pedagang emas di Wisma Nasional, Jalan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mengatakan harga emas akhir-akhir ini stabil di kisaran Rp385 ribu per gram untuk emas murni.

"Sedangkan emas 22 karat Rp250 ribu per gram," kata dia kepada VIVAnews di Jakarta.

Meski demikian, bila dibandingkan data perdagangan emas PT Aneka Tambang Tbk, per 15 September 2010 yang mencapai Rp371 ribu per gram, harga emas di sejumlah toko di Jakarta itu menunjukkan peningkatan.

Menurut Hendry, dalam sebulan terakhir terjadi penurunan pembeli sekitar 20 persen, sehingga hanya 3-4 barang yang bisa terjual setiap harinya. Penurunan itu, dia melanjutkan, disebabkan adanya prioritas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok dibanding membeli emas.

Rio, pedagang emas yang berjualan di Pasar Blok A, Jalan RS Fatmawati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, juga mengatakan hal senada. Menurut dia, menjelang Idul Fitri hingga hari ini penjualan emas stabil. "Biasanya lebih ramai kalau awal bulan, tapi saat ini biasa saja, stabil," ujarnya.

Menurut Rio, alasan pembeli beragam dalam memilih emas, sehingga barang yang dibeli merata untuk setiap jenis. Hal tersebut dibenarkan Anita yang membeli kalung di toko Rio tersebut. Selain digunakan untuk perhiasan, kalung yang dibelinya itu bisa dijadikan investasi.

"Kalung ini hanya dipakai kalau acara-acara tertentu. Biasanya disimpan saja. Jadi, bisa dijual kalau ada keperluan mendadak dan saat harganya tinggi," ujarnya.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Laporan: Dwifantya Aquina

Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024