Anggaran Kemiskinan Rp2,8 Triliun Dipercepat

Prioritas Pengurangan Angka Kemiskinan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pemerintah akan menyalurkan anggaran bagi masyarakat miskin sebesar Rp2,8 triliun. Penyaluran yang biasanya dilakukan pada April-Mei kini dipercepat Januari-Maret 2011.

"Dana ini belum digelontorkan, ada masalah dari sisi administrasi penganggaran. Ini yang ingin kami selesaikan Februari dan Maret sekaligus untuk tiga bulan," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana, di kantor Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian, Jalan Wahidin, Jakarta, Rabu, 2 Februari 2011.

Armida menjelaskan, dana itu akan dialokasikan untuk program beasiswa anak keluarga miskin, santunan orang cacat, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), dan beras miskin. Program sosial lain yang masuk dalam anggaran tersebut adalah program padat karya, pelayanan dasar, serta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Tahun ini, menurut dia, pemerintah menganggarkan dana Rp58,6 triliun untuk penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial. Pemerintah juga sedang menyiapkan rancangan instruksi presiden tentang antisipasi dan respons cepat menghadapi kondisi iklim.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Salah satu aturan hukum lainnya yaitu peraturan presiden mengenai bantuan langsung benih unggul dan pupuk. Aturan itu diperlukan terutama untuk mengamankan produksi beras nasional. (art)

Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024