Perusahaan Kalla Bangun Monorail di Makassar

Kereta monorel
Sumber :
  • www.fratkin.com

VIVAnews - Transportasi massal Monorail akan segera terwujud di Makassar, Sulawesi Selatan. Langkah awal pembangunan  telah dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Makassar, Pemkab Gowa dan Pemkab Maros dengan PT Bukaka Teknik Utama, yang menjadi investor pembangunan monorail tersebut.

Penandatanganan MoU dilakukan di rumah dinas Gubernur Sulsel, dengan disaksikan langsung oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin dalam sambutannya mengatakan, penandatanganan MoU pada Senin, 25 Juli 2011, merupakan sejarah besar bagi Makassar.

"Proyek monorail ini adalah sejarah, karena nantinya akan menempatkan Makassar sebagai kota pertama di Indonesia yang memiliki monorail. Ini akan lebih mendukung Makassar menjadi kota dunia," kata Ilham Arief Sirajuddin.

Ia menambahkan, monorail sudah menjadi kebutuhan utama bagi Makassar saat ini. Pasalnya tingkat kemacetan Makassar bertambah parah dalam tiga tahun terakhir akibat pertumbuhan kendaraan yang tak terbendung.

Berdasarkan data Pemkot Makassar tahun 2008, jumlah sepeda motor membengkak menjadi 360.122 unit (75,80%), mobil penumpang (angkutan umum) sebanyak 77.319 unit (16,27%), mobil barang sebanyak 26.797 unit (5,64%), dan kendaraan khusus sebanyak 71 unit (0,01%).

"Ironisnya, infrastruktur jalan sudah tidak bisa diperlebar. Sehingga satu-satunya solusi untuk mengatasi kemacetan Makassar memang dengan membangun monorail," tambahnya.

Sementara itu, Solihin Kalla, Direktur Pengembangan PT Kalla Group, induk perusahaan PT Bukaka Teknik Utama mengatakan, monorail merupakan transportasi massal yang cocok digunakan bagi warga Makassar. Pasalnya, Makassar tengah berkembang menjadi kota metropolitan.

Monorail, yang biasa disebut sebagai urban transportasi ini diyakini akan memecah kemacetan Makassar, yang sudah hampir menyamai Jakarta. Selain itu, monorail sangat mudah dan tidak terlalu memakan biaya, jika dibandingkan dengan busway.

"Monorail tidak butuh pembebasan lahan karena hanya menggunakan median jalan seukuran 1X1 meter," jelas putra bungsu Yusuf Kalla ini.

Terkait dengan anggaran pembangunan monorail Makassar, PT Bukaka Teknik Utama menginvestasikan sekitar Rp 4 triliun. Anggaran itu digunakan membangun infrastruktur monorail sepanjang sekitar 30 kilometer.

Rencananya, pembangunan ini akan dimulai awal tahun 2012. Pasalnya, pihak Bukaka dalam enam bulan ini akan memaksimalkan studi kelayakan. (sj)

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024