Inilah Tes Pramugari Versi Lion Air

Komisi III DPR Kunjungi Imigrasi Bandara
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia dinilai melanggar norma-norma kesusilaan dalam tes perekrutan calon pramugari di Korea Selatan. Pada tes tersebut, pramugari diperintahkan setengah telanjang dan diraba--maaf--payudaranya dalam pemeriksaan kesehatan.

Bagaimana dengan Lion Air? Menurut Direktur Umum Lion Air Edward Sirait, setiap calon pramugari di maskapai perusahaannya juga harus menjalani tes kesehatan seperti ditempuh maskapai penerbangan lainnya. "Itu syarat yang mesti ditempuh calon pramugari kita," ujarnya saat dhubungi VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 24 Agustus 2011.

Mengenai mekanisme pemeriksaannya, kata Edward, juga dilakukan dokter ahli yang diberi wewenang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical chek up. "Tapi, kami tidak pernah melakukannya sendiri. Sebab, para calon pramugari Lion Air diperiksa kesehatannya di Balai Kesehatan Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Tentunya, dia menambahkan, medical check up yang diterapkan di balai kesehatan tersebut sesuai prosedur yang diterapkan pemerintah. "Setahu kami, tidak pernah ada keluhan dari calon pramugari Lion Air. Sebab, mereka hanya diperiksa tes darah maupun tes paru-parunya," kata Edward.

Menurut Edward, pramugari tidak boleh cangkok payudara silikon karena pertimbangan keselamatan. Untuk menentukan apakah yang bersangkutan pernah cangkok payudara silikon, maka dia cukup diperiksa lewat sinar ronsen.

Direstui Surya Paloh untuk Maju Pilkada DKI 2024, Anies Baswedan Bilang Begini

Pemeriksaan itu bisa rentan dengan pelecehan bila sudah menyangkut sentuhan dan didasari maksud yang tidak baik. "Jadi, kalau ada raba-meraba, itu mungkin ulah oknum. Tapi itu juga jika dilakukan berdasarkan nafsu seks. Kalau itu prosedur kesehatan, sepertinya tak jadi soal," ujar Edward.

Seperti diberitakan kantor berita Yonhap, tes pemeriksaan kesehatan calon pramugari Garuda yang dinilai menyimpang ini terjadi pada bulan lalu. Pada tes tersebut, para calon pramugari diminta untuk melepas semua pakaian mereka kecuali celana dalam dan diminta berbaring.

Kemudian, seorang dokter lelaki asal Indonesia mulai meraba payudara mereka dan bagian tubuh lainnya. Setelah pemeriksaan tersebut, banyak calon pramugari mengeluh. Mereka menganggap tes itu memalukan dan merasa tidak nyaman diperintahkan telanjang dan diraba oleh dokter lelaki.

Verrell Bramasta

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran

Tidak hanya itu, selama liburan Verrell Bramasta menunjukan sikap mandiri yang tidak ingin mengandalkan bantuan orang lain. Seperti, yang tertangkap kamera baru-baru ini.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024