Otoritas Bursa Ingatkan Dahlan Garuda

Garuda Indonesia Go Public
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI), Eddy Sugito, mengingatkan para pemegang saham PT Garuda Indonesia Tbk agar berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan yang bisa mempengaruhi pergerakan harga saham. Imbauan itu terutama ditujukan kepada Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan.

"Garuda sudah menjadi saham publik, statement pemegang saham dan wakilnya harus hati-hati, kan mempengaruhi harga pasar," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Eddy Sugito, ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa 10 April 2012.

Eddy mengakui, rencana penjualan saham Garuda memang sepenuhnya menjadi kewenangan pemegang saham. Otoritas bursa menegaskan tidak ikut campur sama sekali. BEI hanya menilai, penjualan saham Garuda pada prinsipnya dilakukan semata untuk menyebarkan saham ke publik secara lebih luas agarĀ  pertumbuhan saham GIAA menjadi lebih menarik.

"Distribusi saham tidak hanya di tiga underwriter itu saja," ungkapnya.

BEI juga berharap penjualan saham Garuda kepada investor yang berkualitas, akan membuat saham perusahaan pelat merah itu terus bergerak dan banyak diperdagangkan. Saham Garuda diakui layak menjadi saham unggulan karena banyak investor yang tertarik dengan saham BUMN.

Dalam catatan VIVAnews.com, Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan, dalam berbagai kesempatan memberi pernyataan seputar saham Garuda. Dahlan pernah menyatakan bahwa saham Garuda diharapkan dapat dibeli oleh pengusaha-pengusaha lokal.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

"Perusahaan seperti Garuda saya berharap mayoritas dipegang oleh lokal. Tapi sebagai otoritas bursa, maka hal itu diserahkan kepada pemerintah. Kami serahkan mekanismenya kepada tiga underwriter," ujar Eddy.

Bagi BEI, keinginan Dahlan menjual saham Garuda ke investor lokal merupakan bentuk nasionalisme. Hal itu sah-sah saja dan tikak melanggar aturan apapun.
"Banyak negara juga melakukan pembatasan. Investor asing silahkan dan kami terbuka untuk itu. Bahkan kami lebih terbuka dibandingkan negara lainnya," kata Eddy.

Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024