Lima Perusahaan Terbaik di Pasar Modal RI

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa PT Astra International Tbk
Sumber :
  • PT Astra International Tbk

VIVAnews - Lima perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) meraih predikat 'Top Performing Listed Companies 2012' dalam Investor Awards. Lima perusahaan itu adalah PT Astra International Tbk, PT Alam Sutera Reality Tbk, PT United Tractors Tbk, PT Intraco Penta Tbk dan PT Lippo Cikarang Tbk.

Kelima perusahaan emiten memperoleh penghargaan karena dinilai membukukan kinerja fundamental dan teknikal mumpuni selama 2011. "Apresiasi pasar saham atas lima perusahaan ini pun cukup tinggi, yang tercermin pada likuiditas perdagangan maupun pergerakan harga," kata Ketua Dewan Juri, Sidharta Utama, dalam acara Investor Awards 2012, Hotel Four Seasons, Jakarta, Rabu malam 9 Mei 2012.

Menurutnya, pemeringkatan kali ini mengambil tema 'Manage risk and capture opportunity'. Tema ini sengaja diambil untuk menggali lebih jauh, pengelolaan perusahaan di tengah ketidakpastian akibat krissi global. Inovasi dan kemampuan menganalisis perkembangan ekonomi kemudian mengambil kebijakan ikut menentukan keberhasilan perusahaan meraih kinerja positif pada 2011.

Persyaratan awal bagi emiten yang diperingkat, pertama, kepatuhan emiten dalam mempublikasikan laporan keuangan tahun buku 2011. Kedua, emiten yang dilibatkan dalam pemeringkatan harus sudah tercatat di BEI sebelum 2011. Ketiga, tidak mendapat opini disclaimer dan adverse dari akuntan publik. Keempat, tidak membukukan rugi bersih 2011. Kelima, memiliki ekuitas tak kurang dari Rp50 miliar.

Keenam, saham emiten itu tergolong aktif selama periode 1 April 2011-31 Maret 2012. Ketujuh, laporan keuangan emiten yang diperingkat harus bertahun buku Desember. Kedelapan, memiliki ekuitas positif selama dua tahun terakhir, dan kesembilan memiliki jumlah pemegang saham lebih dari 300 pihak.

Setelah seleksi awal, emiten yang lolos seleksi kemudian diperingkat, dengan menerapkan satu peringkat baru. Kriteria baru tahun ini adalah price earning to growth ratio (PEG), yakni PE dibagi pertumbuhan laba usaha satu tahun. Delapan kriteria lainnya meliputi return saham selama setahun, likuiditas saham, volatilitas saham untuk periode yang sama, pertumbuhan penjualan dalam tiga tahun, net operating margin (NM), return on equity (ROE), asset turn over (ATO), dan pertumbuhan laba operasi tiga tahun.

Berdasarkan keputusan Juri, lima emiten yang mencatat skor tertinggi terpilih dari 10 peraih nominasi emiten terbaik. Ke-10 nominasi terbaik dari seluruh emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan ikut serta dalam pemeringkatan Investor Award adalah sebagai berikut :

1. PT Alam Sutera Tbk
2. PT AKR Corporindo Tbk
3. PT Astra International Tbk
4. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk
5. PT Indomobil Sukses Makmur Internasional Tbk
6. PT United Tractors Tbk
7. PT Intraco Penita Tbk
8. PT Kawasan Industri Jababeka Tbk
9. PT Lippo Cikarang Tbk
10. PT Surya Semesta Internusa Tbk

Emiten terbaik berdasarkan sektor usaha :
1. Pertanian dan Peternakan : PT BW Plantation Tbk
2. Aneka Industri : PT Indomobil Sukses Internasional Tbk
3. Tekstil dan Garmen : PT Polychem Indonesia Tbk
4. Infrastruktur : PT Tower Bersama Infrastructure Tbk
5. Perdagangan dan Jasa : PT AKR Corporindo Tbk
6. Industri Dasar dan Primer : PT Resources Alam Indonesia Tbk
7. Industri Logam dan Kabel : PT Alumindo Light Metal Industry Tbk
8. Makanan dan Minuman : PT Nipon Indosari Corporindo Tbk
9. Rokok, Farmasi dan Keperluan Rumah Tangga : PT Unilever Indonesia Tbk
10. Investasi : PT Media Nusantara Citra Tbk
11. Perbankan : PT Bank Rakyat Indonesia Tbk
12. Industri Reksadana dan Sekuritas : PT Panin Sekuritas Tbk
13. Properti dan Konstruksi : PT Kawasan Industri Jababeka Tbk
14. Elektronika : PT Astra Graphia Tbk
15. Asuransi : PT Multi Artha Guna Tbk
16. Multifinance : PT Mandala Multifinance Tbk
17. Hotel, Restoran dan Pariwisata : PT Pudjuadi Prestige Tbk (eh)

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024