Foxconn Cari Mitra Lokal di Indonesia

pekerja pabrik di china
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip/Files

VIVAnews - Foxconn Technology akan menggandeng beberapa perusahaan sebagai mitra investasi di Indonesia. Saat ini, pabrikan penyuplai komponen elektronik untuk perusahaan terkenal seperti Apple, Nokia, dan Google tersebut dalam proses penjajakan kerja sama dengan sejumlah perusahaan lokal.

Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, mengatakan, Foxconn akan merealisasikan pembangunan pabriknya di Indonesia dalam waktu dekat. Tahap awal, Foxconn menargetkan pembangunan Smart City berupa kawasan pabrik perakitan.

"Fase pertama cukup kecil, hanya membuat tiga juta handset. Berikutnya akan ada 10 juta handset," kata Gita di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 16 Agustus 2012.

Mitra lokal yang sedang dalam proses penjajakan tersebut antara lain PT Modernland Realty Tbk, produsen elektronik merek Polytron, PT Hartono Istana Teknologi, dan PT Star Cosmos.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Selain itu, terdapat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Inti) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. "Jadi, nantinya mereka akan memilih," ujar dia.

Pemerintah, menurut Gita, sangat optimistis Foxconn akan mengembangkan pabriknya secara besar-besaran di Indonesia. Sebab, di beberapa negara lain seperti China, ekspansi bisnisnya sangat besar. Bahkan, Foxconn sampai membangun 33 pabrik perakitan.

Foxconn juga telah berinvestasi di Brasil dan berencana menambah lima fasilitas produksi baru di negara tersebut. "Di Indonesia, mereka sedang mempertimbangkan untuk membuka industri pada enam koridor ekonomi kita," jelasnya.

Masing-masing koridor, Gita menjelaskan, memungkinkan satu hingga dua pabrik. "Ini bisa terwujud asalkan suasana dalam negeri kondusif. Tidak ada isu negatif yang menghambat," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian memastikan Foxconn akan mulai berproduksi dalam bentuk perakitan pada Desember 2012. (umi)

Ketua Koordinator Strategis TKN Prabowo-Gibran Sufmi Dasco Ahmad (tengah).

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Imbauan itu merupakan pesan langsung dari Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024