10 Penyebab Kegagalan Pebisnis Pemula (II)

Gelar Karya Produk Kreatif UKM 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kegagalan bagi seorang wirausaha pemula adalah hal yang wajar. Data statistik menunjukkan hampir 50 persen wirusaha pemula mengalami kegagalan dalam lima tahun pertama.

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Pakar bisnis Amerika Serikat, Martin Zwilling mengatakan kegagalan dalam membangun sebuah bisnis merupakan tonggak awal menuju sukses. Para wirausaha pemula dapat belajar dari kesalahan mereka, menggunakan pengalaman untuk maju ke ide selanjutnya.

Martin yang merupakan pendiri Startup Professionals memberikan ringkasan 10 kegagalan penyebab para wirausaha pemula gagal dalam membangun bisnis dan memberikan solusinya. Berikut enam hingga sepuluh penyebab kegagalan dari 10 kegagalan seperti dikutip dari Youngentrepreneur.com ( untuk baca lima kegagalan pertama) :

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

6. Tidak ada kekayaan intelektual

Jika seorang wirausaha pemula ingin mencari investor, Anda harus memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan terhadap pesaing Anda yang sudah menjelma menjadi perusahaan raksasa. Untuk itu, hak paten, merek dagang, dan hak cipta sangat penting dan elemen terbesar dari tahap penilaian perusahaan bagi investor profesional.

Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya

7. Tidak memiliki tim berpengalaman

Para investor sebelum berinvestasi dalam perusahaan Anda akan melihat siapa orang-orang yang ada di balik perusahaan Anda. Menemukan tim yang berpengalaman dalam perusahaan Anda akan membuat investor masuk dan siap menyokong ide bisnis Anda.

8. Meremehkan Sumber Daya

Sumber daya berupa dana segar merupakan hal yang penting, namun sumber daya lain seperti relasi dan sumber daya manusia untuk memasarkan produk Anda lebih penting. 

9. Marketing yang lemah

Walaupun produk anda diperbincangkan dalam masyarakat karena strategi "word of mouth", namun itu tidak menjadi jaminan suatu produk akan laku keras. Marketing tetap diperlukan, walaupun produk Anda sudah dikenal masyarakat, pemasaran yang efektif dan inovatif di berbagai media merupakan hal yang harus dijalankan. 

10. Menyerah terlalu dini

Penyebab umum para wirausaha awal gagal dalam merintis usaha adalah saat mereka sekali mengalami kegagalan, lalu mereka menyerah dan menutup usaha. Banyak contoh pengusaha seperti Steve Jobs dan Thomas Edison yang pada awal mengalami kegagalan, namun melesat sukses karena terus berusaha memperbaiki visi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya