Swasta Urus Pembebasan Lahan Tol Serpong-Balaraja

Pembangunan jalan layang di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru
Sumber :
  • Antara/ Viki Payoka
VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan bahwa pembebasan lahan untuk pembangunan ruas jalan tol baru Serpong-Balaraja sepenuhnya dikerjakan pihak swasta.
Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

"Pembebasan tanahnya itu pihak swasta yang urus, dalam hal ini ya inisiatornya," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU, Djoko Murjanto, kepada VIVAnews di Jakarta, Rabu 27 Februari 2013.
Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

Proyek tol senilai Rp5,2 triliun itu merupakan swakarsa dari PT Bumi Serpong Damai Tbk dan diajukan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada pertengahan 2012.
Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Djoko mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu kelengkapan dokumen tender yang harus disiapkan pihak inisiator seperti analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), studi kelayakan, dan beberapa dokumen lainnya.

Kendati demikian, dia mengakui, Kementerian PU mendapat laporan untuk seksi satu persoalan tanahnya sudah selesai, karena seluruh daerah yang akan dibebaskan kondisi tanahnya adalah milik inisiator.

Namun, Djoko mengatakan, hingga kini, Bina Marga belum menerima bukti surat tanah tersebut atau laporan lebih lanjut mengenai perkembangan jalan tol tersebut.

Proses ini, menurut dia, harus dijalankan untuk mencegah permasalahan lahan menjadi kendala pada saat proyek sudah berjalan. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya