Maskapai Batik Air Mulai Mengudara Mei Mendatang

Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
- Maskapai penerbangan baru anak usaha Lion Group, Batik Air, akan resmi beroperasi di langit nusantara pada 3 Mei 2013. Target pasarnya adalah kalangan menengah ke atas.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

"Batik Air akan beroperasi dengan rute penerbangan Jakarta-Balikpapan, Jakarta-Manado," kata Edward Sirait, Direktur Umum Lion Air, dalam acara "Peluncuran Batik Air" di Jakarta hari ini.
Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan


Pada tahap awal, lanjut Edward, Batik Air mengoperasikan enam unit pesawat di tahun ini. Jenis pesawat yang dioperasikan adalah Boeing 737-900 ER.


Batik Air juga berencana menambah rute penerbangan lagi. "Nantinya kita akan menambah rute menjadi Jakarta-Pekanbaru dan Jakarta-Ambon dan semuanya
direct flight
," kata dia.


Setiap hari, rute penerbangan Jakarta-Balikpapan direncanakan sebanyak 2 kali, Jakarta-Manado sebanyak 2 kali, Jakarta-Ambon sebanyak 1 kali, dan Jakarta-Pekanbaru sebanyak 1 kali.


"Jakarta-Pekanbaru direncanakan sebanyak sekali. Tapi, kami ingin rutenya menjadi dua kali," kata Edward.


Bagi perusahaan berlogo singa itu, Batik Air merupakan maskapai penerbangan yang menyasar kepada kelas menengah ke atas. Setiap unit pesawat itu ada 180 kursi yang terdiri atas 168 kursi ekonomi dan 12 kursi bisnis.


Edward menyatakan setiap pesawat dioperasikan Batik Air, berdesain batik pada ekor pesawat dan setiap pesawat sudah dilengkapi dengan konsep
wireless fidelity
(Wi-Fi).


Maskapai ini menggelontorkan puluhan juta dolar untuk setiap pesawat. "Investasi pesawat per unit sebesar US$80-90 juta dolar untuk pesawat yang ber-wifi," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya