Kunjungan Wisatawan Asing ke Lombok Melonjak

pantai senggigi lombok
Sumber :
  • www.gonla.com
VIVAnews
Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024
- Jumlah wisatawan mancanegara selama periode Januari hingga

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi
Maret 2013 yang berkunjung ke Indonesia mencapai 2,02 juta kunjungan. Angka itu meningkat enam persen dibandingkan jumlah kunjungan wisman pada periode sama 2012.
Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, kenaikan jumlah kunjungan wisman

itu terjadi di sebagian pintu masuk utama, dengan persentase kenaikan tertinggi tercatat di pintu masuk Bandara Internasional Lombok, Mataram sebesar 46,97 persen. Diikuti Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta sebesar 40,22 persen, dan Bandara Minangkabau, Padang 29,20 persen.


Sementara itu, jumlah kunjungan wisman melalui delapan pintu masuk mengalami penurunan, dengan penurunan tertinggi terjadi di Bandara Adi Sumarmo, Surakarta sebesar 32,27 persen. Sementara itu, penurunan terendah di Bandara Polonia, Medan 1,41 persen.


Data BPS juga menyebutkan, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Maret 2013 mencapai 725,3 ribu kunjungan. Jumlah itu meningkat sebesar 10,13 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya.


Demikian pula, jika dibanding Februari 2013, jumlah kunjungan wisman Maret 2013 naik 6,91 persen. Kenaikan terjadi di sebagian besar pintu masuk dengan persentase kenaikan tertinggi terjadi di Pintu Masuk Makassar sebesar 49,69 persen, diikuti Bandara Husein Sastranegara, Bandung 39,94 persen.


Selanjutnya, kenaikan jumlah kunjungan wisman Maret 2013 dibandingkan periode sama 2012 juga terjadi di sebagian pintu masuk utama. Persentase kenaikan tertinggi terjadi di Bandara Internasional Lombok, Mataram sebesar 67,51 persen, dan kenaikan terendah terjadi di Pelabuhan Tanjung Uban, Kepulauan Riau 4,82 persen.


Sementara itu, terjadi penurunan jumlah kunjungan wisman di tujuh pintu masuk, dengan penurunan tertinggi terjadi di Bandara Adi Sumarmo, Surakarta sebesar 36,26 persen, dan penurunan terendah terjadi di Pelabuhan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 0,18 persen. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya