Menteri Pertanian: Ada Dua Kendala Pembangunan di Kalimantan

Menteri Perdangan dan Menteri Pertanian Bahas Harga Daging Sapi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Menteri Pertanian Suswono mengungkapkan bahwa Kalimantan  tengah menghadapi dua isu strategis yang masih menjadi kendala dalam pembangunan provinsi tersebut. Penyelesaian dua isu itu perlu kerjasama dengan instansi lain.
Maliq & D’Essentials hingga Dewa 19 Hibur Ribuan Penonton di Soul Intimate Concert 2.0

Dia mengungkapkannya dalam rapat koordinasi Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MPE3EI) di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa 11 Juni 2013. Dua isu itu adalah masalah listrik dan pengeboran minyak dan gas di kawasan hutan.
Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka
 
Suswono mengatakan bahwa untuk menyelesaikan kendala pembangunan tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam Mineral dan Kementerian Kehutanan.
Konser Hari Ini, Intip Suasana Menjelang Konser TVXQ di Indonesia

Selain itu, dia menambahkan, untuk mempercepat penyelesaian krisis listrik di Kalimantan, rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam-asam 2x1.000 MW di Kalimantan dan PLTU JPP perlu diselesaikan secepatnya.

"Kurangnya pasokan listrik di Kalimantan perlu dukungan ESDM dan Kementerian Riset dan Teknologi," ujar Suswono.

Sementara itu, untuk penyelesaian pengeboran minyak dan gas di kawasan hutan lindung, Suswono akan berkoordinasi dengan Kementerian Kehutanan.

Dengan koordinasi itu diharapkan dapat membuat hasil migas di Kalimantan makin melimpah. "Penyelesaian izin agar bisa melakukan pengeboran di kawasan hutan," jelas Suswono. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya