Kementerian Pertanian Jamin Daging Impor dari Bulog Halal

Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan, Senin 29 Juli 2013, menyatakan bahwa importasi daging sapi yang dilakukan Perum Bulog telah melalui uji persyaratan teknis. Impor daging sapi sebanyak 3.000 ton yang dilakukan oleh Bulog dijamin aman untuk dikonsumsi.

"Daging impor Bulog telah memenuhi syarat administrasi, layak konsumsi, sehat, dan murah," ujar Rusman dalam jumpa pers di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta.

Kementerian Pertanian bahkan menjamin daging sapi beku yang diimpor Bulog itu halal. "Kami bertanggung jawab kehalalannya," kata Rusman.

Rusman menjelaskan, sebelum mendatangkan daging beku dan sapi bakalan dari luar negeri, Kementerian Pertanian menerbitkan rekomendasi persetujuan pemasukan (RPP) daging sapi yang mensyaratkan bahwa negara asal daging sapi itu harus bebas dari penyakit eksotik.

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Daging itu juga harus berasal dari unit usaha yang memenuhi syarat sistem jaminan keamanan pangan dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia.

Pemeriksaan yang disyaratkan meliputi pemeriksaan sebelum penyembelihan (ante mortem) dan pemotongan hewan (post mortem). Tempat penyembelihan dan pemotongannya pun harus sesuai dengan syariat Islam.

Selain itu, harus ada jaminan keamanan dan kesehatan pangan dalam bentuk sertifikat kesehatan yang diterbitkan lembaga sertifikasi halal di negara asal.

Semua persyaratan itu, menurut Rusman, harus dipenuhi oleh Bulog dan para importir daging lainnya.

Dalam hal pengawasan, Rusman melanjutkan, daging sapi yang diimpor oleh Bulog juga telah melewati proses karantina di Bandara Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

Upaya ini meliputi pemeriksaan dokumen persyaratan (sertifikat kesehatan dan sertifikat halal), pemeriksaan fisik terhadap kesesuaian kemasan dan isi serta label, pemeriksaan kesehatan daging impor dari aspek hama penyakit hewan karantina, dan pemeriksaan terhadap residu (termasuk hormon), serta cemaran berbahaya yang dilakukan secara berkala dan bersifat monitoring.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, Banun Harpini, menambahkan, setiap enam bulan sekali dilakukan uji laboratorium yang dilakukan dengan metode sampling dari produk impor yang dikarantina. "Itu dilakukan pada periode April-Juni," kata Banun.

Badan Karantina Pertanian juga telah mengirim tim dokter hewan ke negara asal impor untuk mengonfirmasi bahwa semua sapi potong itu telah disuntik vaksin dan hormon, sekaligus memastikan tidak ada yang diberi antibiotik.

"Itu semua sudah dibicarakan dengan pihak Australia," ujar Banun.

Sebelumnya, pemerintah sepakat memberikan kuota impor daging sapi kepada Perum Bulog sebanyak 3.000 ton. Upaya ini merupakan langkah intervensi untuk menjaga harga daging tetap stabil di pasar, terutama menjelang hari raya Lebaran. Selengkapnya baca . (art)

Belimbing Wuluh atau belimbing sayur

Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya mengenai deretan manfaat belimbing wuluh.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024