M Lutfi, Duta Termuda RI yang Jadi Mendag

Kepala BKPM M.Lutfi
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Muhammad Lutfi sebagai menteri perdagangan menggantikan Gita Wirjawan yang telah mengundurkan diri. Diumumkan, penunjukkan Lutfi dilakukan di Kantor Presiden hari ini, Rabu 12 Februari 2014.

Presiden telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada Muhammad Lutfi, yang bukan baru dalam Kabinet Indonesia Bersatu.

Dikutip dari Wikipedia, Lutfi lahir di Jakarta, 16 Agustus 1969, pria berusia 44 tahun itu adalah seorang pengusaha dan pernah menjabat sebagai kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), sebelum ditugaskan menjadi duta besar Indonesia untuk Jepang.

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Pada 2008, Muhammad Lutfi diakui sebagai seorang pemimpin muda yang berpengaruh oleh The World Economic Forum’s Young Global Leaders. Ia juga merupakan salah seorang pendiri Masyarakat Ekonomi Syariah.

Muhammad Lutfi lahir dari pasangan Firdaus Wadjdi dan Suhartini yang berasal dari Minangkabau. Selesai mengenyam pendidikan di Purdue University, Indiana, Amerika Serikat, Lutfi mengembangkan usaha bersama Erick Thohir, Wishnu Wardhana, dan Harry Zulnardy.

Mereka mendirikan Mahaka Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, keuangan, dan media. Di perusahaan tersebut, Lutfi menjabat sebagai presiden direktur dan chief executive officer (CEO).

Pada usia 29 tahun, dia menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia untuk Jakarta Yang Lebih Baik (Hipmi Jaya) periode 1998-2001, dan kemudian menjadi ketua nasional Hipmi pada periode 2001-2004. Pada 2005, ia diangkat SBY untuk menduduki posisi pejabat setingkat menteri, yakni kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan dia menjadi orang termuda yang pernah menjabat posisi tersebut.

Pada Agustus 2010, Muhammad Lutfi ditunjuk oleh Presiden Republik Indonesia sebagai Duta Besar untuk Jepang dan Federasi Mikronesia. Ia merupakan orang termuda yang pernah bertugas di kedutaan terbesar Indonesia, dan juga sebagai salah satu duta termuda yang mewakili Indonesia secara internasional. (umi)

Ilustrasi emas batangan

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Harga emas keluaran logam mulia Antam 24 karat mengalami kenaikan Rp 27 ribu per gram pada hari ini yang artinya harganya sekarang Rp 1.249.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024