Menteri ESDM Cari Akar Masalah Listrik Swasta

VIVAnews - Pemerintah berusaha tetap pertahankan kontribusi pembangkit listrik swasta (IPP) dalam ketenagalistrikan nasional.

"Saat ini kita sedang merumuskan guna mengatasai persoalan yang dialami IPP," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh seusai Salat Jumat di Departemen Energi, Jakarta, Jumat 6 November 2009.

Sekadar catatan, tingkat keberhasilan proyek IPP hanya 14 persen dari usulan yang mencapai 30.000 MW. Karena itu, pemerintah merasa perlu membuat tim yang akan membantu PT Perusahaan Listrik Negara untuk menyelesaikan segala permasalahan dalam pembangunan pembangkit swasta itu.

Menurut dia, mengatasi masalah defisit listrik merupakan program 100 hari ke depan, Menteri Energi meminta persiapan untuk proyek percepatan 10.000 MW tahap II dipercepat.

Meski demikian, Departemen Energi bukan berarti melalaikan perbaikan-perbaikan di luar sektor listrik, seperti pertambangan, mineral, serta minyak dan gas. "Fokus kami memang listrik, tetapi tidak hanya sebatas itu."

hadi.suprapto@vivanews.com

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024
Mendagri Tito Karnavian

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

Menteri Dalam Negeri menegaskan bahwa pembentukan Dewan Kawasan Aglomerasi dalam RUU DKJ tidak akan mengambil alih kewenangan pemerintah daerah.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024