Skandal Bank Century

Enam BUMN Tarik Dana Saat Century Kritis

VIVAnews - Terdapat 20 nasabah Badan Usaha Milik Negara dan dana pensiun yang menarik simpanannya di Bank Century pada periode November sampai Desember 2008, periode dimana Century sedang kritis akibat kesulitan likuiditas.

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

"BUMN ada enam," kata Direktur Bank Mutiara Maryono di Jakarta (1/12).

Ia menjelaskan penarikan terbesar dilakukan oleh dua belas nasabah dengan nilai total sebesar Rp 270,8 miliar. Sementara penarikan dengan kisaran Rp 1 sampai Rp 2 miliar sebanyak 1 nasabah dengan nilai Rp 1,7 miliar.

Adapun nasabah BUMN dan dana pensiun yang menarik deposito dengan kisaran Rp 100 juta sampai Rp 1 miliar sebesar Rp 765 juta. Dan sisanya sebesar Rp 50 juta sebanyak empat nasabah.

Bank Mutiara merupakan Bank Century yang diambil alih oleh pemerintah pada tahun 2008. LPS menyuntikan dana sebenayak Rp 6,7 triliun.

Menurut Firdaus, suntikan itu untuk menyelamatkan industri bank yang setingkat dengan Bank Century. LPS saat ini mengantungi saham sebesar 99,99 persen. Sisanya merupakan pemilik saham lama dan publik.

Dana deposan yang jatuh tempo bernilai Rp 7 triliun dalam waktu satu bulan. Sebanyak 8577 nasabah penyimpan menarik yang simpanannya dengan nilai pembayaran Rp 4,02 triliun. Sebesar 7770 atau 91 persen merupakan nasabah perorangan dan sebesar 807 nasabah atau 9 persen merupakan nasabah BUMN atau korporat. Pembayaran kepada nasabah perorangan Rp 3,27 Triliun dan sisanya nasabah korporat.

Penarikan dengan nilai kurang Rp 2 miliar dilakukan oleh 8249 nasabah dengan nilai total Rp 2,19 Triliun. Sedangkan penarikan nasabah penyimpan dengan nilai lebih dari Rp 2 miliar dilakukan oleh 328 nasabah sebesar Rp 1,83 triliun. Rata-rata penarikan sebesar Rp 5,6 miliar per nasabah.

Tapi Maryono menolak menyebutkan identitas nasabah. "Kami berpegang kepada Undang-undang kerahasiaan bank," kata dia.

Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Janji Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel: Tanggal 20 Mau Pulang, Malah Pulang Selamanya

Kebakaran yang melanda toko frame, bernama Saudara Frame, menyebabkan 7 korban jiwa meninggal dunia seketika di lokasi. Api melahap dengan cepat ke seluruh toko 4 lantai.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024