BISNIS

Ekspansi Sawit, Eterindo Beli 2 Perusahaan

Total pembelian pada dua anak usaha PT Global Natural Resources itu Rp 47,5 miliar.
Senin, 14 Desember 2009
Oleh : Arinto Tri Wibowo
ilustrasi kelapa sawit

VIVAnews - PT Eterindo Wahanatama Tbk (ETWA) telah membeli sebagian penyertaan saham PT Global Natural Resources pada dua anak perusahaan Global, yaitu PT Maiska Bhumi Semesta dan PT Malindo Persada Khatulistiwa. Total pembelian mencapai Rp 47,5 miliar.

Perinciannya, pembelian saham di Maiska sebesar Rp 23,82 miliar atau sebanyak 23.500 saham. Sedangkan di Malindo senilai Rp 23,68 miliar atau sebanyak 23.500 saham.

Direktur Utama Eterindo Immanuel Sutarto dalam penjelasan tertulis yang dipublikasikan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin 14 Desember 2009 mengatakan, transaksi itu tidak termasuk transaksi afiliasi atau memiliki benturan kepentingan.

"Transaksi ini juga tidak termasuk dalam transaksi material," ujarnya.

Per 31 Desember 2008, ekuitas perseroan tercatat Rp 248,82 miliar, sedangkan nilai transaksi pembelian saham itu hanya Rp 47,5 miliar.

Sumber dana pembelian saham di antaranya berasal dari sebagian pembayaran cicilan ke-1 atas nilai bersih penjualan di perusahaan asosiasi, yakni PT Petrowidada dan PT Eternal Buana Chemical Industries.

Menurut Immanuel, pembelian itu dilakukan sebagai langkah awal perseroan untuk berinvestasi di perkebunan tanaman sawit.

Seiring aksi korporasi itu, secara bertahap perseroan akan merealisasikan rencana untuk melakukan pengembangan investasi di perusahaan sawit. Saat ini, kontribusi terbesar pendapatan perseroan masih dari usaha di bidang kimia.

Maiska dan Malindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha perkebunan sawit di Pontianak, Kalimantan Barat.

arinto.wibowo@vivanews.com

TERKAIT
TERPOPULER