MoU TKI dengan Malaysia Hampir Tuntas

VIVAnews - Pemerintah memastikan, kesepakatan pengiriman TKI (memorandum of understanding/MoU) dengan pemerintah Malaysia akan ditandatangani akhir Januari ini.

“Pertengahan bulan ini akan ada pembicaraan terakhir di Jakarta yang melibatkan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Dalam Negeri, dengan Pemerintah Malaysia yang sifatnya finishing,” kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar di Jakarta, 8 Januari 2010.

Dengan pembicaraan final yang dilakukan pada pertengahan bulan ini, dia menambahkan, pada akhir Januari 2010 ini diharapkan penandatangan MoU sudah bisa dilakukan. ”Moga-moga akhir Januari ini sudah penandatanganan MoU," ujarnya.

Paska penandatanganan MoU, sekitar Februari 2010, Indonesia akan bisa langsung mengirimkan kembali TKI ke Malaysia. Dengan demikian moratorium pengiriman TKI bisa dicabut.

Muhaimin menjelaskan, pertemuan terakhir akan memfinalkan struktur biaya (cost structure) pengiriman TKI dari daerah tujuan yang dekat dengan daerah yang jauh.

Misalnya, daerah di Sumatera seperti Pekanbaru, Batam dan Nunukan, komposisi biaya akan berbeda dengan yang dari Surabaya, NTB dan Jakarta.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024