Telkom Gandeng Lapan di Proyek Satelit 3

VIVAnews - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menjalin kerja sama di bidang pengembangan dan pemanfaatan teknologi satelit dan produk lainnya.

Kerja sama itu dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah dan Kepala Lapan Adi Sadewo Salatun.

Kedua pihak juga menandatangani perjanjian kerja sama keikutsertaan Lapan dalam program Internship Proyek Satelit Telkom-3. Penandatanganan kerja sama tersebut disaksikan Meneg Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar dan Menristek Suharna Surapranata.

Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia dalam siaran pers di Jakarta, Jumat 22 Januari 2010 menjelaskan, ruang lingkup kerja sama meliputi antara lain penyertaan personel Lapan untuk mengikuti program internship pada pabrik satelit Telkom-3 di Rusia.

Selain itu, kerja sama mencakup pemanfaatan data Citra-Satelit yang disediakan Lapan guna memenuhi kebutuhan Telkom untuk perencanaan, operasional, pemeliharaan, pemasaran, dan kebutuhan lainnya.

Selain itu, kerja sama mencakup penyertaan personel Telkom dalam program pelatihan terkait pengolahan data citra satelit Lapan, pemanfaatan fasilitas Telemetry Tracking & Command (TT&C) milik Lapan untuk back-up operasi pengendalian satelit Telkom-1, Telkom-2 dan Telkom-3 dalam kondisi darurat.

Kerja sama juga dilakukan dalam pemanfaatan produk-produk Telkom untuk memenuhi kebutuhan fasilitas telekomunikasi Lapan, serta desain dan perencanaan sistem satelit komunikasi GEO maupun LEO.

Pada 30 Januari 2010, dua tenaga ahli Lapan dan lima orang dari Telkom akan berangkat ke Zhelesnogorsk, Krasnoyarsky, Rusia untuk mengikuti Internship selama 18 bulan.

"Harapan kami, akan semakin banyak SDM Indonesia yang andal di bidang persatelitan untuk menjadikan negeri ini berada sepenuhnya dalam kendali bangsa sendiri," kata Eddy dalam siaran pers itu.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

arinto.wibowo@vivanews.com

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024