175 PDAM Tunggak Utang Rp 4,6 Triliun

VIVAnews - Tercatat sebanyak 175 PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) menunggak utang ke pemerintah. Jumlah tunggakan pun tidak tanggung-tanggung, nilainya sebanyak Rp 4,6 triliun.

Kasubdit Pinjaman Daerah Direktorat Sistem Manajemen Investasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan Marcus Subakat mengatakan nilai tunggakan itu terdiri dari Rp 3,1 triliun tunggakan non pokok dan Rp 1,5 triliun tunggakan pokok.

Kondisi ini tentu saja mengganggu kinerja perusahaan karena menyebabkan kinerja PDAM dalam rangka penyediaan air minum semakin menurun.

Marcus mengatakan karena beban utang yang tinggi, PDAM mengeluh kekurangan modal dalam pengembangan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

"Untuk itu sejumlah penandatanganan perjanjian guna restrukturisasi pinjaman PDAM dilakukan bersama dengan pemerintah," kata Marcus disela-sela penandatangan kesepakatan antara PDAM dengan pemerintah, Kamis 11 Februari 2010.

Sebanyak 15 PDAM oleh pemerintah dipastikan mendapat persetujuan pemerintah guna melakukan restrukturisasi utang itu. Persetujuan menurut Marcus telah diberikan Menteri Keuangan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 120/PMK.05/2008.

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik
Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024