Sinyal Pemerintah

Tarif Air Langganan PDAM Bakal Naik

VIVAnews - Pemerintah meminta manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) agar semakin cerdas dalam pengelolaan bisnis PDAM. Untuk itu PDAM dihimbau agar mengatur persoalan tarif air minum perpipaan.

Dirjen Perbendaharaan Herry Purnomo mengatakan kelemahan PDAM sekarang, masih ada PDAM yang menjual tarif lebih murah dari biaya operasional. Padahal prinsipnya, tidak mungkin harga jual produk yang dihasilkan lebih rendah dari biaya produksi yang dikeluarkan.

"Untuk itu dalam 5 tahun kedepan, PDAM agar lebih bisa mengatur pertama soal tarif," kata Herry dalam memberi sambutan MoU restrukturisasi utang 15 PDAM di Kantor Perbdnaharaan, Kamis 11 Februari 2010. Pemerintah meminta soal tarif ini menjadi pihak terkait.

Namun demikian, soal tarif ini bukan berarti ada kenaikan tarif dasar, tapi lebih pada bagaimana pengelolaan yang menyebabkan pendapatan bisa naik. Karena, kata Herry, sebagian PDAM yang ada tidak efisien dalam hal jumlah pegawai dan pelanggan.

"Jadi cakupan pelayanan bisa diperluas dan lain-lain," kata dia.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024