'Ayo Menabung' Bidik 80 Juta Nasabah Baru

VIVAnews - Gerakan 'Ayo Menabung' dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi. Gerakan ini dipicu dari keprihatinan kalangan berbankan nasional yang melihat menabung belum menjadi budaya orang Indonesia. Selain upaya perbankan menggali potensi pendanaan dari dalam negeri.

Kondisi ini, kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Darmin Nasution saat membuka acara di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu 20 Februari 2010, terlihat dari total jumlah penabung di perbankan nasional.

Menurut dia, dari 138 juta penduduk usia dewasa yang produktif, hanya 58 juta saja yang memiliki tabungan, sisanya 80 juta belum tersentuh layanan perbankan.

Kebanyakan mereka terkendala setoran awal yang masih tinggi dan biaya administrasi yang menggerus uang nasabah. Selama ini simpanan di bawah Rp 2 juta biaya administrasinya lebih tinggi dibandingkan bunga, sehingga simpanannya terus mengalami penurunan.

Karenanya dibuatlah gerakan Ayo Menabung lewat TabunganKu yang bisa dibuka di 70 bank umum dan 910 Bank Perkreditan Rakyat/Syariah dengan setoran awal lebih ringan, berkisar Rp 10.000 sampai Rp 20.000 dan bebas biaya administrasi.

"BI telah membentuk kelompok kerja dengan bank nasional untuk merumuskan berbagai kendala teknis. Indonesia menabung tidak berhenti di sini," kata Darmin.

Diharapkan, kebiasaan menabung ini bisa mendekatkan bank dengan nasabah yang selama ini belum tersentuh layanan perbankan, sehingga penyaluran kredit juga bisa lebih mudah.

BI, kata Darmin, akan menyusun metode untuk mempermudah kredit bagi pedagang kecil. Dengan metode ini diharapkan akan meningkatkan kredit mikro, termasuk Kredit Usaha Rakyat.

Gerakan Ayo Menabung ini dilaksanakan secara serentak di 31 kota/kabupaten yang dipimpin Gubernur, Bupati dan Walikota dengan jumlah peserta 125.000 nasabah di seluruh Indonesia.

Sebanyak 15.000 merupakan perwakilan pelajar, mahasiswa, nelayan, buruh, parkir dan pedagang asongan. "Ini paling tidak dapat memastikan bahwa sumber pendanaan bisa digali dari dalam negeri sendiri," kata Darmin.

MK Tolak Seluruh Gugatan Sengketa Pilpres, Sekjen PAN: Mari Kita Hormati Ujung Proses Pemilu Ini
Sean Gelael raih posisi 1 di sirkuit Imola

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Hasil yang mengagumkan diperoleh oleh Tim W Racing Team (WRT) 31 yang di kendarai oleh Sean Gelael dan dua rekam satu timnya, Augusto Farfus (Brasil) dan Darren Leung.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024