Paripurna Ricuh, Asing Agresif Borong Saham

VIVAnews - Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait hasil Pansus Hak Angket PT Bank Century Tbk diwarnai kericuhan.

Kericuhan terjadi sesaat setelah Ketua DPR Marzuki Alie mengetok palu bahwa rapat paripurna DPR hanya mendengar kesimpulan dan rekomendasi dari Pansus Century.

Perdebatan sengit dan hujan interupsi terjadi saat ketua DPR tidak memutuskan pengambilan voting dan keputusan atas kesimpulan Pansus dilakukan hari ini.

Namun, situasi itu tidak merembet ke pasar saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Indeks harga saham gabungan (IHSG) menjelang akhir transaksi hari ini juga masih bertahan positif.

Berdasarkan data BEI di Jakarta, Selasa 2 Maret 2010, IHSG menguat 15,16 poin (0,59 persen) ke posisi 2.569,83. Sementara itu, investor asing juga makin agresif dengan membukukan pembelian saham senilai Rp 851,02 miliar dengan penjualan hanya Rp 461,3 miliar.

Dari data itu, investor asing membukukan pembelian bersih (net buying) sekitar Rp 390 miliar.

Aksi beli investor asing itu terus meningkat dibanding sesi pertama transaksi hari ini yang mencatat net buying sekitar Rp 150 miliar.

Ketua Umum Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Haryajid Ramelan mengatakan, pelaku pasar melakukan pembelian selektif pada sejumlah saham.

Sentimen positif bursa global dan aksi pemodal untuk mengantisipasi penyampaian laporan keuangan emiten ikut mendorong investor asing melakukan pembelian selektif itu.

arinto.wibowo@vivanews.com

5 Fakta Menarik Bayern Munich Usai Singkirkan Arsenal di Liga Champions
Liverpool vs Atalanta

5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs Liverpool di Liga Europa

Liverpool akan datang ke markas Atalanta dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss pada Jumat dini hari nanti, 19 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024