Thiess Siap Investasi Ratusan Juta Dolar AS

VIVAnews - Perusahaan tambang asal Australia, Thiess, berniat untuk berekspansi usaha di Indonesia dengan masuk ke sektor infrastruktur khususnya jalan tol. Perusahaan sudah membidik 2-3 ruas jalan tol.

"Thiess ingin melirik sektor di luar pertambangan seperti jalan tol," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jalan Wahidin, Jakarta, Rabu 17 Maret 2010.

Menurut Gita, Thiess berencana mengembangkan bisnis jalan tol pada dua ruas tol di Jawa. Posisi perusahaan dalam pembangunan ruas jalan bebas hambatan tersebut adalah terkait pembiayaan.

Perusahaan berniat mengalokasikan dana hingga ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS). Dana cukup besar tersebut dibutuhkan mengingat ruas tol yang dikembangkan sangat panjang.

Gita juga mengungkapkan tiga perusahaan asing berniat melakukan ekspansi usaha di Indonesia. Ketiga perusahaan itu adalah Coca Cola yang berencana menambah jumlah pabrik yang saat ini sebanyak 10 unit.

Dua perusahaan lainnya adalah Ramsey Health Care yang ingin memperluas jumlah pengoperasian rumah sakit. Perusahaan lainnya adalah lembaga keuangan internasional Commonwealth.

Lembaga keuangan itu juga akan mengembangkan bisnisnya dengan membuka kantor cabang baru dari jaringan yang saat ini sebanyak 27 unit.

Nilai investasi dari keempat perusahaan asing tersebut ditaksir mencapai US$ 1 miliar. BKPM memperkirakan rencana investasi perusahaan asing itu dapat direalisasikan tahun ini secara bertahap.

"Semua semangatnya positif dan itu peningkatan investasi Indonesia. Mereka sebetulnya sudah existing di Tanah Air, tapi mereka sekarang ingin melakukan perluasan usaha," tuturnya.

arinto.wibowo@vivanews.com

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel
Tiga orang anggota TNI dikabarkan tersambar petir di depan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu 24 April 2024 siang.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Satu prajurit TNI yang menjadi korban tersambar petir di dekat Mabes TNI, Cilangkap, meninggal dunia, karena pendarahan di telinga

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024