Belanja No, Nabung Yes!

VIVAnews - Berhemat bagi sebagian orang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Alih-alih menabung sebagian pendapatan atau rezeki nomplok, Anda mungkin mendapati diri tengah berbelanja.

Perencana keuangan Jean Chatzky memiliki jurus ampuh menaklukkan sifat boros pada diri Anda. Caranya, jadikan sistem keuangan Anda otomatis!

Dalam bukunya yang bertajuk "Bikin Uang, Bukan Utang", perencana keuangan favorit ratu talkshow Oprah Winfrey ini, menyarankan Anda menjauhkan uang dari tangan dengan membuat tabungan otomatis.

Yang dimaksud tabungan otomatis ini adalah memberi bank tempat Anda membuka rekening kekuasaan untuk dan izin memindahkan sejumlah uang dari rekening gaji yang kemungkinan bisa dibelanjakan.

Sistem seperti ini memang belum familiar bagi sebagian besar masyarakat  Indonesia, namun Chatzky juga menyarankan sejumlah langkah otomatis lain yang bisa Anda lakukan.

Pertama, setoran langsung. Saran ini tidak sulit dilakukan mengingat kebanyakan perusahaan di Indonesia saat ini secara otomatis penyetorkan gaji ke rekening bank pilihan.

Kedua, buka rencana investasi otomatis. Dalam hal ini yang harus dipikirkan adalah kapan Anda berhenti menabung dan mulai berinvestasi begitu kebutuhan jangka pendek telah terpenuhi. Begitu punya dana darurat sebesar tiga sampai enam bulan pengeluaran, Anda bisa berhenti menyalurkan uang ke tabungan biasa dan mulai memasukkannya ke saham atau reksa dana.

Ketiga, otomatiskan cicilan utang Anda. Seperti halnya jika bisa memilih menyalurkan uang secara langsung ke tabungan, Anda juga bisa memilih membayar cicilan utang secara  otomatis oleh bank. Sistem ini bisa menekan pembayaran terlambat yang bisa menyabotase nilai kredit.

Keempat, lakukan transaksi perbankan secara online. Saat ini sejumlah bank sudah menawarkan transaksi secara online. Dengan transaksi online, Anda tidak perlu berjam-jam antre membayar tagihan, mengecek saldo atau melakukan transfer.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan
Gambar Nyamuk DBD

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

The number of dengue fever cases in Indonesia has increased, with over 35,000 patients so far. Meanwhile, 390 people have died due to dengue fever.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024