Kuartal II, Harga Mobil Bakal Naik

VIVAnews - Harga mobil nasional diperkirakan naik pada kuartal II-2010, akibat kenaikan harga baja sebagai bahan baku industri otomotif mulai April 2010.

Direktur Pemasaran PT Krakatau Steel Irvan K Hakim menjelaskan, pihaknya sebagai pemasok bahan baku baja untuk industri otomotif akan menaikkan harga dalam kontrak pembelian per kuartal kedua tahun ini.

"Khusus untuk ATPM (agen tunggal pemegang merek), kami berlakukan harga per kuartalan. Jadi sesuai kontrak yang ada sampai dengan akhir Maret ini belum ada harga baru. Tapi, nanti di kuartal berikutnya harga berubah," kata Irvan usai menemui Menteri Perindustrian MS Hidayat di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu 31 Maret 2010.

Harga baja produksi Krakatau naik seiring kenaikan harga bijih besi internasional hingga mencapai 90 persen dibanding tahun lalu.

Kenaikan harga bijih besi, menurut dia, hanya berlaku pada kuartal kedua tahun ini. Harga baja internasional sejak kenaikan harga bijih besi akan mencapai US$ 800 hingga 900 per ton, terutama pada Mei hingga Juni 2010.

"Sehingga kalau dikonversi ke rupiah, harga baja domestik seperti HRC akan berkisar Rp 7.600-7.700 per kilogram, sebelum PPN dan PPh," ujar Irvan.

Krakatau akan mengekspor HRC dengan harga US$ 800 per ton (FOB) mulai Mei 2010. Harga tersebut naik signifikan dibanding Januari yang sekitar US$ 560 per ton (FOB).

Irvan menjelaskan, Jepang juga telah menaikkan harga bajanya (HRC) sekitar US$ 200 per ton (FOB) menjadi US$ 800-900 per ton (FOB).

"Kenapa naik, karena bahan baku. Harga besi tua sudah US$ 500 per ton. Lalu billet (bahan baku bijih beton) sudah US$ 600 per ton. Jadi, ini soal waktu saja kapan harga baja naik," kata dia.

Meski harga baja diperkirakan naik, menurut Irvan, Krakatau telah memperoleh order penuh hingga Juni 2010.

Produksi baja nasional tahun ini, menurut dia, akan terjadi kenaikan sekitar 12-15 persen dibandingkan tahun lalu menjadi sekitar 8 juta ton.

arinto.wibowo@vivanews.com

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya
MIND ID di Pameran Festival PPKL.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Ada tiga topik utama yang ditampilkan dalam pameran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024