PLN: Danau di Sumatera 'Diperkosa' 24 Jam

Dahlan Iskan
Sumber :
  • perskita.wordpress.com

VIVAnews - Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengatakan seluruh danau di Sumatera Selatan dan Sumatera Barat sudah sepenuhnya digunakan selama 24 jam untuk menggerakan generator pembangkit listrik di wilayah tersebut.

"Saat ini danau di Sumsel dan Sumbar 'diperkosa' 24 jam," ujar Direktur Utama PLN Dahlan Iskan dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI di Gedng DPR, Jakarta, Kamis, 22 April 2010.

Menurut Dahlan, "perkosaan" terhadap danau tersebut menyebabkan wilayah yang teraliri listrik di kedua kawasan tersebut bakal mengalami krisis ketika kemarau tiba. "Setiap musim kemarau ada masalah, sehinga diharapkan pada musim kemarau 2011 diharapkan tidak ada masalah," katanya.

Dahlan mengatakan, perkosaan terhadap danau di Sumatera dapat dihentikan jika pembangunan pembangkit listrik swasta Mulut Tambang dapat diselesaikan pada 2013. "Danau-dana dan bendungan di Sumsel dan Sumbar nantinya hanya difungsikan 5 jam, sehingga secara ekologi cukup baik," ujar dia.

Lebih jauh Dahlan mengatakan, wilayah Jawa dan Bali diharapkan mulai menikmati listrik bebas padam pada pada 31 Maret 2010. Pasalnya pasokan listrik di Jawa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Wilayah bebas padam lainnya yang ditargetkan PLN adalah Kalimantan pada 30 Mei bersamaan dengan Sumatera. Sedangkan untuk wilayah Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Papua, PLN menargetkan bebas padam pada 30 Juni 2010.

PLN juga menyiapkan berbagai upaya antisipasi mencegah krisis listrik pada tahun 2012 dan 2013. "Untuk Jawa, listrik sangat cukup sampai 2016," katanya. (hs)

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024