Bank Andara Jadi Induk 30 BPR Jabodetabek

foto ilustrasi bank
Sumber :

VIVAnews - Sebanyak 30 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Jabodetabek dan 12 BPR di Riau bakal bergabung dalam lembaga Bank Apex yang diusung PT Bank Andara dan PT BPD Riau tahun ini.

"Kerja sama antara bank umum sebagai lembaga Apex BPR dan BPR anggota harus terbangun atas dasar hubungan bisnis yang saling menguntungkan dan memberikan manfaat bagi kedua pihak," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Budi Rochadi dalam sambutan penandatanganan perjanjian kerja sama pembetukan lembaga Apex bagi BPR di wilayah Jabodetabek dan Riau di Gedung BI, Jakarta, Senin 3 Mei 2010.

Menurut Budi, pembentukan lembaga Apex itu bertujuan untuk menjembatani kebutuhan industri BPR, sehingga tercipta industri yang kokoh berdaya saing tinggi, serta memiliki kredibilitas yang baik di masyarakat.

Sebagai catatan, BPR yang bakal turut menjadi anggota Bank Apex terdiri atas 251 BPR di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, serta 60 BPR di Riau dan Kepulauan Riau yang sudah memberikan komitmen.

Selain BPR di kedua wilayah tersebut, lembaga Apex juga sudah berdiri di Sumatera Barat dan Bali dengan bank yang bertindak sebagai lembaga Apex adalah Bank Andara dan Bank Nagari.

Di kedua wilayah itu, total BPR yang ikut sebagai anggota lembaga Apex masing-masing sebanyak 97 BPR dan 35 BPR.

Keterlibatan bank umum yang bertindak sebagai lembaga Apex dharapkan dapat menjadikan BPR sebagai kepanjangan tangan untuk melayani wilayah dan masyarakat yang belum tersentuh melalui penciptaan produk dan jasa bersama.

Bank umum juga dapat memanfaatkan dana pooling of fund BPR sebagai sumber dana kelolaan.

Sementara itu, bagi BPR, selain kebutuhan finansial dan technical assistance yang dapat diperoleh dari bank umum, kehadiran lembaga Apex juga merupakan sinergi ideal untuk bersama melayani usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). (hs)

arinto.wibowo@vivanews.com

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024