Lamban, PLN Ancam Batalkan Kontrak PT Barata

Dahlan Iskan
Sumber :
  • perskita.wordpress.com

VIVAnews -- Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Dahlan Iskan mengancam akan membatalkan kontrak PT Barata Indonesia yang menangani pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 X 25 megawatt di Jeranjang, Lombok Barat.

"Saya kecewa, hingga saat ini belum ada pemancangan tiang dan belum ada pelabuhan untuk lalulintas batubara. Kenapa lambat sekali," kata Dahlan usai bersilaturahmi dengan pegawai PLN Wilayah NTB di Mataram Senin 3 Maret 2010.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Proyek percepatan 10 ribu megawatt itu dibiayai dari APLN (Anggaran PLN) dan ditargetkan beroperasi pada Oktober 2010. Namun hingga kini belum juga dikerjakan.

Karena itu, Ia bisa saja membatalkan kontrak dengan PT Barat Indonesia, bila tidak ada kepastian proyek itu selesai dengan cepat.

Dahlan Iskan langsung menemui sub kontraktor untuk mengetahui kapasitasnya terutama terkait komitmen dan kredibilitasnya. Dari hasil pertemuan itu diketahui jika sub kontraktor sipil yang menangani pembangunan pelabuhan baru dikontrak pada bulan Februari lalu.

Kontraktor ini dinilai sebagai salah satu penyebab lambannya pembangunan PLTU di Jeranjang, Lombok Barat. "Kita minta September pelabuhan sudah jadi," ujarnya.

Proyek PLTU 2 berkapasitas 2 X 25 MW yang merupakan program percepatan PLTU 10 MW. Nilai kontrak Proyek yang didanai APLN itu sebesar 30,7 juta US$ dan porsi mata uang rupiah sebesar Rp 354,3 miliar dan dtiangani oleh PT Barata Indonesia (Persero).

Saat beroperasi nanti PLTU Lombok ini merupakan pembangkit listrik berbahan bakar batubara pertama di NTB. Kebutuhan batubara diperkirakan mencapai 195 ribu ton per tahun.  (umi)

Laporan: Edy Gustan | NTB

Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024