IBM Targetkan Investasi Besar di Indonesia

Kantor pusat IBM di New York, Amerika Serikat
Sumber :
  • AP Photo/ Louis Lanzano

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono menerima kunjungan petinggi salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, IBM Corporation. Dalam kunjungan itu, IBM menyatakan sudah memilih Indonesia sebagai satu dari 20 negara yang menjadi target investasinya.

Petinggi IBM Corporation yang menemui Boediono adalah General Manager Growth Markets Bruno Di Leo, General Manager ASEAN Cordelia Chung, dan Country Manager Indonesia Suryo Suwignjo. Mereka menemui Boediono sekitar 90 menit di Istana Wapres, Jakarta, 5 Mei 2010.

Juru bicara Wapres Boediono, Yopie Hidayat, mengatakan IBM telah melakukan analisis terhadap 154 negara berkembang. Kemudian IBM memilih 20 negara, salah satunya Indonesia.

"Mereke mendapat pelajaran dari krisis. Potensi negara berkembang, terutama di Asia, sangat baik," kata Yopie di Istana Wapres.

Indonesia, Yopie mengatakan, dipilih sebagai target investasi setelah IBM mempertimbangkan sejumlah parameter. "Parameter penting seperti jejak rekam, kebijakan, GDP growth (pertumbuhan Produk Domestik Bruto), dan hal lain termasuk potensi pasar," ucap Yopie. (hs)

Yopie melanjutkan, IBM makin serius menjajaki beberapa pengembangan baru di Indonesia. "Kemungkinan jadi basis untuk produk mereka," ujar Yopie. Selain itu, IBM juga akan menggarap sejumlah proyek infrastruktur, khususnya terkait teknologi informasi.

Sebelumnya, IBM berpengalaman dalam menggarap proyek infrastruktur besar. Di antaranya, IBM pernah menggarap manajemen lalu lintas beberapa kota dan bandara besar di dunia. IBM juga berpengalaman dalam menggarap suplai air bersih di India.

Namun, Yopie tidak menyebutkan berapa nilai investasi yang akan ditanam IBM di Indonesia. "Itu terlalu dini," kata Yopie. "Maksud mereka masih untuk memperbarui komitmen,  untuk menjajaki yang lebih pasti."

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah
Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024