Unilever Ganti Pemasok CPO

Kelapa sawit.
Sumber :
  • Antara/Maril Gafur

VIVAnews - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) telah memutuskan pengganti PT SMART Tbk sebagai pemasok minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

"Kami sudah menemukan penggantinya, supplier-nya perusahaan Indonesia," kata Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia, Sancoyo Antarikso, dalam paparan publik di Jakarta, Rabu 19 Mei 2010.

Namun, dia hanya diam ketika ditanya mengenai identitas suplier tersebut. "Ini kan perjanjian dengan Unilever global, kami tidak bisa jelaskan," ujar Sancoyo.

Sedangkan Presiden Direktur Unilever, Maurits Lalisang, mengatakan pihaknya akan menyelesaikan kontrak dengan SMART. "Akan berakhir akhir bulan ini, sambil menunggu hasil verifikasi para ahli," kata dia.

Maurits menambahkan, SMART sebelumnya menyuplai lima persen dari 65 persen CPO Indonesia kepada Unilever global. "Dan kami tetap mempertahankan angka itu," ujar dia.

Per April 2010, Unilever tidak memperpanjang kontrak pembelian CPO dari PT SMART Tbk. Tidak berapa lama, PT Nestle juga memutus kontrak pembelian CPO dari Sinar Mas. Keduanya menghentikan pembelian dengan alasan serupa.

Berdasarkan laporan dari LSM Greenpeace, dua produsen CPO tersebut diduga berbisnis dengan merusak lingkungan dan hutan.

Terakhir, Cargill pun mengancam akan mengakhiri pembelian minyak sawit dari SMART jika perusahaan milik Eka Tjipta Widjaja ini gagal membuktikan bahwa mereka tidak merusak lingkungan seperti yang ditudingkan Greenpeace. (art)

antique.putra@vivanews.com

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh
Rusia Kirimkan 29 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Russia Delivers Over 29 Tons of Humanitarian Aid for Gaza

Russia on Wednesday said the country delivered over 29 tons of humanitarian aid for the besieged Gaza Strip, where more than 32,400 Palestinians have been killed since Oc

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024