Recapital Kuasai 85,7% Saham Bank Eksekutif

foto ilustrasi bank
Sumber :

VIVAnews - Recapital akan memiliki saham mayoritas PT Bank Eksekutif Tbk sebesar 85,71 persen.

Menurut Direktur Utama Bank Eksekutif, Gandhi Ganda Putra, kepemilikan mayoritas tersebut akan diperoleh melalui eksekusi saham hasil penawaran umum terbatas atau rights issue yang dilaksanakan pada 28 Juni 2010.

"Recapital Securities akan menjadi standby buyer dengan nilai rights issue sebesar Rp 512 miliar," kata dia dalam paparan publik di Jakarta, Kamis 20 Mei 2010. Adapun saham yang akan dilepas sebanyak lima juta unit.

Dia menambahkan, Recapital menyiapkan dana untuk Bank Eksekutif sebesar Rp 1,5 triliun dalam jangka waktu tiga tahun. "Tapi kami sekarang fokus dengan yang Rp 512 miliar dulu," ujar dia.

Gandhi menjelaskan, setelah dana hasil rights issue masuk, rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) akan menjadi 30 persen. Dana tersebut juga akan digunakan untuk write off kredit bermasalah (non performing loan/NPL) hingga Rp 270 miliar.

"Sehingga NPL akan turun menjadi 4,6 persen dari lima persen," tuturnya.

Hingga akhir 2010, perseroan menargetkan NPL sebesar 1,3 persen dan CAR 22 persen.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Sementara itu, sisa dana hasil rights issue akan digunakan untuk membuka 85 cabang di Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Untuk fokus bisnis, Bank Eksekutif menyasar pembiayaan mikro. "Sebanyak 70 persen bisnis kami ke UKM (usaha kecil dan menengah)," ujar Gandhi. (hs)

arinto.wibowo@vivanews.com

Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024