Satu Tahun, Merpati Ditarget Benahi Diri

Merpati Pecah Ban
Sumber :
  • ANTARA/Yusran Uccang

VIVAnews - Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneg BUMN) memberi jangka waktu satu tahun kepada PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) untuk bangkit dari keterpurukan.

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Pasalnya, Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) siap mengucurkan dana tahap kedua sebesar Rp 310 miliar.

Menurut Meneg BUMN Mustafa Abubakar, saat ini, pencairan dana tersebut masih dalam tahap proses. "Kita harapkan segera mungkin cair, karena  Juni 15 pesawat yang didatangkan dari China mulai beroperasi," ujar dia dalam sambutan Pelantikan Direksi dan Dewan Komisaris PT ASDP Ferry dan MNA (persero) di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Kamis 27 Mei 2010.

Dia menambahkan, jika dalam batas waktu yang diberikan tersebut hasil kinerja MNA tidak sesuai dengan yang diharapkan, pemerintah mempertimbangkan kembali eksistensi Merpati.

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

"Jika pinjaman disetujui PPA, diharapkan ini yang terakhir dan kalau Merpati gagal eksistensinya dipertimbangkan lagi," kata Mustafa.

Mustafa menuturkan, tentunya direksi baru MNA akan mengemban tugas berat, mengingat Merpati dalam masa kritis. Untuk itu, guna membangkitkan maskapai penerbangan ini direksi harus membuat terobosan-terobosan baru serta melakukan efisiensi biaya yang tertera dalam rencana bisnisnya. "Efisiensi itu bisa diwujudkan dalam biaya operasi," ujarnya.

Sebelumnya, PPA sudah mengucurkan dana Rp 300 miliar untuk restrukturisasi MNA. Jika dana tahap kedua Rp 310 miliar disetujui, totalnya menjadi Rp 610 miliar. (wm)

antique.putra@vivanews.com

Presiden Joko Widodo.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau berkomentar namanya disebut-sebut dalam sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024