Empat Kali BRI Turunkan Bunga Kredit

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Sumber :
  • www.skyscrapercity.com

VIVAnews - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mendukung harapan pemerintah untuk menurunkan suku bunga pinjaman guna menopang pertumbuhan sektor riil. Untuk itu, BRI telah empat kali menurunkan suku bunga kredit sejak 2009.
 
"Sejak 2009 hingga kini, khusus untuk pinjaman komersial, BRI telah menurunkan suku bunga pada Juli dan Oktober 2009 serta Februari dan April 2010," kata Sekretaris Perusahaan BRI, Muhamad Ali, di Jakarta, Senin 7 Juni 2010.

Penurunan itu dilakukan BRI pada segmen yang secara industri dianggap masih berbunga tinggi yakni ritel dan menengah. "Penurunan suku bunga tersebut sebagian besar diberlakukan pada segmen pinjaman ritel dan menengah, masing-masing turun 0,5 persen untuk setiap periode penurunan suku bunga," ujar Ali.
 
Sedangkan untuk segmen konsumtif, BRI juga telah menurunkan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR), kredit kendaraan bermotor (KKB), dan kredit multiguna (KMG) sejak akhir 2009 hingga awal 2010.
 
Menurut Ali, penurunan itu tidak lepas dari upaya BRI menurunkan marjin, namun tetap diiringi dengan pertumbuhan volume yang lebih tinggi sebagai kompensasi atas penurunan marjin tersebut. Bunga kredit BRI saat ini mencapai tujuh persen untuk kredit valas serta kredit menengah 13 persen.

"Dengan adanya pembatasan suku bunga negosiasi deposito rupiah yang saat ini sebesar BI Rate + 0,50 persen memberikan dampak yang signifikan terhadap penurunan cost of fund BRI," kata Ali.

BRI memperkirakan, hingga akhir 2010, suku bunga akan kembali naik. Namun demikian, BRI akan tetap dapat mempertahankan tingkat suku bunganya bila BRI dapat meningkatkan komposisi dana murah serta peningkatan OS pinjaman sebagai kompensasi atas penurunan margin.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Seiring dengan itu, fee based income BRI juga meningkat. Pasalnya, ekspansi jaringan teknologi informasi (TI) perusahaan telah menjangkau semua unit kerja BRI secara real time dan online. (kd)

Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024