Holcim Gelar Kompetisi Berhadiah US$2 Juta

Pabrik Semen Holcim
Sumber :
  • holcim.es

VIVAnews - Holcim Foundation melalui PT Holcim Indonesia Tbk kembali menggelar International Holcim Awards ke-3 atau penghargaan bagi karya-karya di bidang konstruksi. Kompetisi itu memperebutkan hadiah total sebesar US$2 juta atau sekitar Rp18,18 miliar.

Menurut publikasi perseroan yang diterima VIVAnews di Jakarta, Jumat 2 Juli 2010, kompetisi tersebut terbuka bagi karya-karya di bidang konstruksi yang berkelanjutan (sustainable construction), proyek infrastruktur, rancangan perkotaan maupun lansekap, serta pengembangan teknologi material, dan produk konstruksi.

Anugerah tersebut merupakan inisiatif dari Holcim Foundation for Sustainable Construction yang berbasis di Swiss.

Semua karya yang akan diikutsertakan harus dikirimkan secara online lewat www.holcimawards.org selambat-lambatnya 23 Maret 2011.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Melalui kompetisi yang terbuka untuk semua orang ini, berbagai proyek-proyek maupun konsep visionaris yang inovatif dan nyata dari seluruh dunia akan dilombakan di lima wilayah untuk 2010-2011 serta akan dilombakan di tingkat dunia pada 2012.

Kategori utama Holcim Awards terbuka bagi para arsitek, perencana, insinyur, pemilik proyek, developer, dan perusahaan konstruksi yang memiliki konsep atau proyek yang memiliki pendekatan sustainable guna mengatasi permasalahan teknologi, lingkungan, sosial-ekonomi, serta budaya terkait pembangunan konstruksi.

Proyek yang akan diikutsertakan harus proyek yang sudah mencapai tahap perancangan atau desain terakhir. Pendirian bangunan (atau produksi secara komersial untuk proyek pengembangan teknologi material dan produk konstruksi) tidak boleh dilakukan sebelum 1 Juli 2010.

Selain itu, melalui kategori “Next Generation”, Holcim Awards juga mencari visi-visi dan konsep-konsep baru dari proyek-proyek mahasiswa (termasuk tingkat S-2 maupun S-3) yang dilakukan berkaitan dengan program di perguruan-perguruan tinggi yang ada.

Karya-karya yang berlomba akan dievaluasi oleh sejumlah tim juri yang independen, dengan menggunakan lima target isu dalam Sustainable Construction sebagai tolok ukur. Tiga dari kelima target issues tersebut berkaitan dengan  keseimbangan antara kinerja ekonomi, manajemen lingkungan, serta tanggung jawab sosial.

Dua target lainnya adalah dampak estetika dan kontekstual (contextual & aesthetic impact), serta inovasi dan transferability (bisa dialih terima ke pihak lain atau di implementasi di tempat lain).

Sementara itu, para anggota dewan juri di kelima wilayah terdiri atas para pakar di bidang sustainable construction, seperti Angelo Bucci (Brazil), Raymond J Cole (Kanada), Wowo Ding (RRC), Harry Gugger (Swiss), Bjarke Ingels (Denmark), Sheila Kennedy (AS), Ashok B. Lall (India), Winy Maas (Belanda), Jürgen Mayer H (Jerman), Mohsen Mostafavi (AS), Amer Moustafa (Uni Emirat Arab), Lucy Musgrave (Inggris), Olivia la O’Castillo (Filipina), Joe Osae-Addo (Ghana), Michel Rojkind (Brazil), Hashim Sarkis (Lebanon), Bruno Stagno (Kosta Rika), dan Gunawan Tjahjono (Indonesia).

Untuk diketahui, Holcim Awards dilaksanakan melalui kemitraan dengan berbagai universitas terkemuka di dunia. Institut Teknologi Federal Swiss (Swiss Federal Institute of Technology/ETH Zurich) menjadi pimpinan Pusat Kompetensi Teknis (Technical Competence Center) Holcim Foundation.

Sedangkan mitra universitas lainnya antara lain Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Cambridge, Amerika Serikat, Universidad Iberoamericana (UIA) di Mexico City, Mexico, l’École Supérieure d’Architecture de Casablanca (EAC) di Maroko, dan Tongji University (TJU) di Shanghai, RRC. The Universidade de São Paulo (USP), Brazil, dan University of the Witwatersrand (Wits) di Johannesburg, Afrika Selatan, juga merupakan rekanan dari Holcim Foundation.

Dua kompetisi sebelumnya telah menghasilkan 100 proyek pemenang
Pada Holcim Awards kedua 2008-2009 dan hampir 5.000 proyek dari 120 negara ikut serta dalam kompetisi tersebut.

Dari 52 proyek yang menang, termasuk di antaranya juara tingkat dunia: Pemegang emas Holcim Awards, Remediasi sungai dan skema pengembangan perkotaan, Fez, Maroko. Pemenang perak, Kampus universitas yang ramah lingkungan, Ho Chi Minh City, Vietnam.

Pemenang perunggu, Perencanaan masyarakat pedesaan yang berkelanjutan, Beijing, RRC. Serta pemenang hadia “Inovasi”, Pusat pekerja harian yang  mandiri, San Francisco, AS.

Holcim Foundation didukung oleh Holcim Ltd dan perusahaan-perusahaannya di 70 negara, tetapi tidak ada hubungan dan kaitan dengan kegiatan bisnis Holcim.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024