Harga Beras Naik 3,4%

Stok Beras
Sumber :
  • ANTARA/Arief Priyono

VIVAnews - Pemerintah memantau ada kenaikan harga beras sehari menjelang puasa Ramadan. Hasil laporan Perum Bulog menyebutkan kenaikan harga beras rata-rata sebesar 3,4 persen.
 
Kenaikan harga beras itu disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Mustafa Abubakar, di kantor Menko Perekonomian. Mustafa yang meninggalkan rapat lebih dulu mengatakan bahwa harga beras masih terkendali.
 
"Karena kebijakan penyaluran rasdi (beras bersubsidi) dipercepat (menyalurkan jatah dua bulan pada Agustus), harga beras cukup terpengaruhi," kata Mustafa di Jakarta, Rabu 11 Agustus 2010.

Mustafa lebih dahulu meninggalkan rapat karena ada agenda lain yang harus dihadirinya. "Komoditas beras intinya tidak perlu dikhawatirkan karena terkendali," ujar dia.
 
Dari laporan Bulog disampaikan, selain karena program rasdi dipercepat, pengaruh tekanan harga beras juga karena sebagian daerah penghasil beras di Jawa Timur sudah panen.
 
"Jadi, ini yang membuat harga beras naik, sekitar 3,47 persen saja," kata dia.
Kenaikan harga beras terjadi karena faktor permintaan. "Ini (kenaikan) biasa karena musiman. Bukan karena supply dan demand," ujar Mustafa. Sebab, jika dilihat dari suplai beras, jumlahnya mencukupi.
 
Sementara itu, kenaikan harga beras di antaranya juga diakibatkan ulah spekulan. Namun, ulah spekulan hanya berpengaruh kecil terhadap harga beras.
 
Hari ini, sejumlah menteri ekonomi membahas pasokan dan stabilitas beberapa produk komoditas di kantor Menko Perekonomian sejak pukul 14.00 WIB.
 
Sejumlah menteri yang hadir adalah Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menkominfo Tifatul Sembiring, Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Deputi Gubernur Bank Indonesia Hartadi A Sarwono, Dirut Perum Bulog Soetarto Alimoeso, Kepala BPS Rusman Heriawan, dan Menteri ESDM Darwin Z Saleh.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Hadiri Akad Nikah Putri Gubernur Jambi

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris

Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto bersama istri menghadiri akad nikah Esy Risdianti, putri sulung Gubernur Jambi Al Haris.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024