Kenaikan Saham ETWA di Luar Kontrol Manajemen

VIVAnews - PT Eterindo Wahanatama Tbk (ETWA) menilai penguatan harga saham perseroan di luar kontrol manajemen. Pergerakan harga saham perusahaan di industri kimia itu dipengaruhi oleh mekanisme pasar.

Direktur Eterindo Wahanatama, Yudianto Kosman, dalam keterbukaan informasi perseroan yang dipublikasikan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin 22 Desember 2008 mengatakan, terjadinya krisis keuangan global memungkinkan aktivitas saham tidak dapat diprediksi, sehingga cenderung volatile.

Penjelasan manajemen tersebut terkait kenaikan harga saham Eterindo sebesar 15 (18,99 persen) dan penurunan volume transaksi menjadi 355 ribu saham dengan frekuensi 26 kali pada 16 Desember 2008.

Sebelumnya, BEI menilai harga saham saham Eterindo Wahanatama bergerak di luar kebiasaan (unusual market activity). Harga saham perusahaan di industri kimia itu menguat tidak wajar.

Direktur Utama BEI, Erry Firmansyah, dalam penjelasan keterbukaan informasi bursa di Jakarta, Jumat 19 Desember 2008 mengatakan, informasi terakhir yang diterima otoritas bursa terkait penundaan pembayaran transaksi pembelian dan penjualan saham.

"Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan harga dan aktivitas transaksi saham ini," ujar Erry dalam keterbukaan informasi itu.

Excel Capital Venture Company Limited dan PT Royal Chemie Indonesia menunda pembayaran transaksi pembelian saham Eterindo Wahanatama di PT Petrowidada dan PT Eternal Buana Chemical Industries. Penundaan itu berdampak pada tertundanya ekspansi bisnis perseroan.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

"Excel dan Royal Chemie mengajukan penundaan pembayaran hingga akhir kuartal pertama 2009, karena krisis ekonomi global," kata Yudianto dalam keterbukaan informasi bursa, Kamis 18 Desember 2008.

Menurut dia, perseroan telah menjual 1.706.000 unit atau setara 30,72 persen sahamnya di Eternal kepada Royal Chemie dengan nilai nominal Rp 100 ribu per saham. Nilai transaksi Rp 63,5 ribu per saham atau total mencapai Rp 108,33 miliar.

Sementara itu, Eterindo juga melepas 205.868.964 saham seri A atau setara 23,17 persen di Petrowidada kepada Excel dengan nilai nominal Rp 500 per unit. Nilai transaksi Rp 875 per saham atau total sebesar Rp 180,13 miliar.

ilustrasi sholat/salat/shalat

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah

Manusia kerap dihadapkan dengan berbagai masalah dan ujian yang terasa berat. Dalam situasi ini, salah satu cara untuk memohon pertolongan Allah SWT dengan sholat hajat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024