Kembangkan Kredit Mikro, BPD Gandeng Jerman

foto ilustrasi bank
Sumber :

VIVAnews - Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) menjalin kerja sama dengan Finanzgruppe Sparkassenstiftung für internationale Kooperation, sebuah asosiasi yang menaungi Bank Pembangunan Regional Jerman untuk mengembangkan performa kredit mikro.

Direktur Eksekutif Asbanda Nazwar Nazir menjelaskan kerja sama dengan asosiasi bank asal Jerman itu telah berlangsung sejak 27 Juni 2010 lalu dengan penandatanganan MoU di Frankfurt, Jerman.

"Beberapa orang dari Sparkassenstiftung telah mulai berkantor di Asbanda untuk meningkatkan kinerja microfinance," ujar Nazwar Nazir kepada wartawan di Jakarta, Senin, 23 Agustus 2010.

Nazwar menjelaskan kerja sama ini dilakukan untuk membentuk pembangunan karakter dan membuat model-model mikrofinance yang tepat untuk diimplementasikan di setiap daerah Bank Pembangunan Daerah.

Untuk tahap awal, Sparkassenstiftung telah melakukan workshop pada 27-28 Juli lalu untuk melatih sumber daya manusia BPD. Sedangkan untuk pengembangan kredit mikro, rencananya dua BPD akan dijadikan sebagai proyek percontohan.

"Rencananya Riau dan Yogyakarta akan menjadi pilot project, nanti akan dibangun training center dan membentuk kredit mikro yang cocok di daerah," katanya.

Jika sukses, diharapkan seluruh BPD yang berjumlah 26 bank akan menerapkan model-model kredit itu. Kerja sama tahap awal ini berlangsung hingga 2012, nantinya kerja sama akan dilanjutkan kembali dengan pengembangan lainnya.

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Laporan: Iwan Kurniawan

Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghiimbau Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk kembali ke jalan yang benar hang sesuai dengan NU

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Sekertaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, meminta kepada PKB, untuk segera memberikan ucapan selamat ke Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024