Taipan Kaya India Investasi Rp45 T di Sumsel

ilustrasi investasi
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVAnews - Keinginan Reliance Power untuk berinvestasi di Indonesia mendekati kenyataan. Chief Executive Officer (CEO) Reliance Power Ltd India, Jayarama P Chalasani telah menghadap Wakil Presiden Boediono di Istana Wapres pada Selasa 24 Agustus 2010.

Reliance berniat untuk berinvestasi membangun rel kereta api di Sumatera Selatan. Total nilai investasi sekitar US$4-5 miliar atau setara Rp36-45 triliun.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Reliance Power adalah salah satu grup bisnis terkaya dunia yang bergerak di berbagai sektor usaha. Pemiliknya, Anil Ambani masuk jajaran deretan orang kaya sejagat versi majalah Forbes. Anil adalah orang kaya keempat India dengan total kekayaan US$13,9 miliar pada 2010.

"Reliance Power sudah bertemu dengan kami dan berkeinginan membangun rel kereta api di Sumatera Selatan. Saat ini sedang dalam tahap diskusi," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan, di Jakarta, Rabu 25 Agustus 2010.

Menurut Gita, nantinya Reliance Power akan membangun rel kereta api sepanjang 230 kilometer dari Sumatera Selatan menuju Jambi. Keinginan Reliance Power akan difasilitasi oleh BKPM dengan membantu perizinan dengan pimpinan daerah.

Dengan dibangunnya rel kereta api Sumatera Selatan-Jambi, maka Sumatera akan memiliki tiga jalur kereta api, yaitu Trans Pacific Sumsel-Lampung, Tanjung Enim-Tanjung Carat, dan Sumsel-Jambi.

Gita menjelaskan, keinginan membangun rel kereta tersebut karena Reliance Power telah memiliki 2-3 tambang di Sumatera Selatan yang belum beroperasi karena infrastrukturnya belum siap. Nantinya, pembangunan rel tersebut akan melintasi tambang-tambang batu bara Reliance yang telah ada untuk menuju Jambi.

Menurut Gita, nilai investasi sekitar US$4-5 miliar tersebut untuk membangun infrastruktur rel kereta api, pelabuhan, dan pembangkit listrik.

Karena belum memiliki mitra, Gita berharap Reliance Power dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah.

"Masuk akal US$5 miliar. Karena mereka juga berambisi membangun pembangkit listrik. Dananya telah ada, tinggal perizinan saja yang nanti dibantu," ujarnya. (hs)

Laporan: Iwan Kurniawan

Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024