Ini Alasan Pemerintah Bangun Dry Port

Peti Kemas
Sumber :
  • Antara/Rosa Panggabean

VIVAnews - Pemerintah sedang gencar membangun pelabuhan darat (Dry Port) yang terletak di Cikarang. Hal tersebut, terpicu jumlah kontainer di Tanjung Priok, Jakarta Utara meningkat 30 persen.

"Karena berdasarkan penjelasan Dirut Pelindo, jumlah kontainer naik menjadi 30 persen per tahun sehingga terjadi penumpukan dan bebannya itu sudah cukup besar. Untuk itu, dibangunlah Dry Port," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di saat soft launching Cikarang Dry Port, Cikarang, Bekasi, Sabtu 28 Agustus 2010.

Dengan adanya pembangunan Dry Port itu, kata Hatta, diharapkan juga mendorong penggunaan kereta api yang nantinya bisa langsung bergerak dari Cikarang menuju Tanjung Priok. "Di sana akan dibangun kereta api yang akan selesai dalam tiga bulan," ujarnya.

Selain itu, Hatta menambahkan, guna mengurangi beban jalan dan kemacetan akan dipertimbangkan sistem empty kontainer yang nantinya akan diletakkan di daerah-daerah industri, sehingga kontainer tidak perlu datang ke pelabuhan. "Jadi, datang dari pabrik bawa kontainer kosong, isi, kemudian balik lagi," tuturnya. (sj)

Shin Tae-yong Populer di Instagram, Raup Cuan Jadi Bintang Iklan
Viral istri lebih mahir parkirkan mobil ketimbang suaminya

13 Tahun Punya Mobil, Suami Ini Andalkan Sang Istri Ketika Kesulitan Parkir di Rumah

Seorang wanita pemilik akun TikTok @titinmukadaroh yang dilihat VIVA Otomotif, Jumat 11 April 2024, dia membagikan momen saat dirinya parkir mobil karena suami tak mahir.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024