BISNIS

Daftar Gaji Tinggi Bos-Bos BUMN (I)

Penghasilan direktur utama BUMN bisa Rp705 juta per bulan.
Senin, 27 September 2010
Oleh : Heri Susanto
Dahlan Iskan

VIVANews - Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara telah membentuk tim standarisasi gaji dan remunerasi direksi perusahaan milik pemerintah. Bahkan, bukan tidak mungkin remunerasi direksi bisa turun dari yang diterima saat ini.

"Ada tim di Kementerian BUMN yang akan menyelaraskan agar remunerasi ini wajar," kata Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar di Jakarta seperti ditulis VIVAnews, Minggu 26 September 2010.

Tanggapan Menteri BUMN ini untuk menindaklanjuti pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutan pembukaan Indonesia Business - BUMN Expo & Conference (IBBEX) 2010.

SBY mengatakan gaji presiden saat ini lebih rendah dibandingkan sejumlah direksi BUMN. Menurut SBY, belajar dari krisis global beberapa waktu lalu, banyak perusahaan jatuh di dunia cenderung mengalokasikan belanja pegawai terlalu tinggi.

"Tidak apa-apa. Yang penting kinerjanya baik. Jangan sampai ada yang gajinya 10 kali lipat gaji Presiden, namun tidak lebih sregep (rajin)," kata Presiden. Karena itu, Presiden menekankan bagi direksi BUMN yang bergaji besar namun tidak menunjukkan kinerja bagus dapat menjadi evaluasi para menteri bidang ekonomi.

Pertanyaannya, berapa sesungguhnya gaji para bos-bos BUMN?

Berikut ini daftar gaji para petinggi BUMN yang VIVAnews himpun dari laporan keuangan perusahaan negara, terutama sejumlah perusahaan publik.

Bank Mandiri

Direktur Bank Mandiri Zulkifli Zaini Hasil rapat umum pemegang saham pada 4 Mei 2009 menyetujui penyesuaian gaji Direktur Utama Bank Mandiri menjadi sebesar Rp 166 juta netto per bulan atau mengalami kenaikan sebesar 11,06% dari gaji netto yang berlaku sebelumnya.

Sedangkan, total gaji, tunjangan dan bonus yang diberikan kepada 11 anggota direksi Bank Mandiri berjumlah Rp93,08 miliar per tahun atau setara dengan Rp7 miliar per bulan. Jadi satu orang anggota direksi Bank Mandiri rata-rata mendapatkan Rp705 juta per bulan. Itu belum termasuk fasilitas berupa perumahan, transportasi dan santunan.

Berikut ini perincian penghasilan 11 bos Bank Mandiri selama setahun:
Gaji Rp27,57 miliar, tunjangan yang mencakup THR, cuti, kesehatan dan handphone Rp17,51 miliar, bonus Rp48,0 miliar.

Sedangkan, fasilitas yang diperoleh oleh 11 orang anggota direksi adalah mencakup: Perumahan Rp1 miliar, transportasi Rp3,87 miliar dan santunan (dapat dimiliki) Rp 4,69 miliar. 

TELKOM
Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah PT Telkom merupakan BUMN yang juga memberikan gaji besar kepada anggota direksinya. Untuk tahun anggaran 2009, berdasarkan laporan keuangan Telkom seorang direktur utama, Rinaldi Firmansyah memperoleh penghasilan Rp7,22 miliar selama setahun atau Rp602 juta per bulan. Penghasilan itu terdiri atas gaji, tunjangan, asuransi dan tunjangan lainnya.

Sedangkan, seorang direktur Telkom rata-rata memperoleh penghasilan sebesar Rp6,53 miliar per tahun atau Rp544 juta per bulan.

PLN

Dahlan Iskan PLN belum menjadi perusahaan publik. Namun demikian, PLN juga merupakan perusahaan negara yang menggaji tinggi kepada direksinya. Ketika Kementerian BUMN dipimpin oleh Sofyan Djalil, pada Mei 2009 lalu, sang menteri membuat keputusan baru untuk menaikan gaji direksi PLN dari semula Rp45 juta menjadi Rp145 juta per bulan.

Pertimbangannya, PLN yang kini dipimpin oleh Dahlan Iskan merupakan BUMN sangat strategis serta mengelola aset dalam jumlah besar, yakni total Rp350 triliun. Dengan demikian, tanggung jawab yang diemban juga sangat besar.

Bersambung ....

Baca Juga:

Daftar Negara Paling Kaya Sedunia

Daftar Negara Paling Miskin Sedunia

Kota-Kota Termahal di Dunia

Wanita-wanita Termahal di Hollywood

TERKAIT
    TERPOPULER