Tanri Abeng: Yang Salah Gaji Presiden

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :

VIVAnews - Mantan Menteri Negara BUMN Tanri Abeng mengungkapkan gaji para direksi BUMN memang harus dibenahi. Arahnya, gaji direksi BUMN semestinya mendekati gaji swasta.

"Kalau gaji mereka tinggi, ya jangan disalahkan mereka. Apalagi jika dibandingkan dengan gaji Presiden, yang salah justru gaji Presiden kenapa di bawah gaji direksi BUMN," kata Tanri kepada VIVAnews di Jakarta, 27 September 2010.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Gaji tinggi direksi BUMN tengah dalam sorotan. Kali ini mencuat setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta menteri ekonomi melakukan evaluasi atas gaji direksi BUMN. Kendati tidak mempersoalkan mereka yang bergaji tinggi asalkan sregep, tetapi Presiden meminta ada evaluasi bagi direksi BUMN yang tidak rajin.

Menurut Tanri yang juga pernah ngetop dengan julukan "Manajer 1 Miliar" ini, yang perlu dibenahi bukan hanya gaji direksi BUMN. Tetapi, gaji Presiden dan Menteri juga harus dibenahi karena tanggung jawab mereka berat sebagai pemimpin negara.

Dia mengambil contoh pemerintah Singapura. Negara kecil ini memberikan gaji tinggi, bahkan tertinggi di dunia kepada Perdana Menteri Singapura. "Gaji para menteri di Singapura juga sangat tinggi." 

Di Indonesia, para menteri juga memiliki tanggung jawab besar sebagai pelaksana organisasi publik. "Itu berat loh, sehingga gaji menteri seharusnya merefleksikan tanggung jawabnya," kata Tanri yang masih menjabat Komisaris Utama PT Telkom ini. 

Menurut dia, semestinya gaji seorang menteri harus mempertimbangkan bahwa setelah 5 tahun masa tugasnya, yang bersangkutan memiliki simpanan untuk biaya hidup. "Apalagi, umumnya anak Menteri sekolah di luar negeri. Masak seorang menteri tidak bisa membiayai anaknya sekolah di luar negeri." 

Tetapi, Tanri mengingatkan perbaikan gaji pejabat negara harus transparan dan terstruktur. Jangan sampai ada lagi uang-uang yang tidak jelas dan terselubung, seperti dana taktis, uang jalan dan lainnya yang akhirnya jika dihitung nilainya malah lebih besar ketimbang penghasilan resmi.

Untuk gaji direksi BUMN, dia mengungkapkan perlu ada standarisasi dalam melakukan remunerasi. Sanksi dan insentif juga harus diberlakukan dengan benar. "Jika berprestasi mendapatkan insentif, tetapi jika gagal ya dikenai sanksi, jangan seperti sekarang."

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah

Baca Juga:

Daftar Gaji Tinggi Bos-Bos BUMN

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

Berapa Besar Gaji Bankir Bank BUMN

Daftar Negara Paling Makmur di Dunia

Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024