BISNIS

Daftar 10 Negara Jutawan Terbesar di Asia

Dimana negara dengan jutawan terbanyak? berapa peringkat Indonesia?

ddd
Jum'at, 8 Oktober 2010, 13:39 Heri Susanto
China, satu negara dengan jutawan terbanyak di Asia
China, satu negara dengan jutawan terbanyak di Asia (AP Photo/Andy Wong)

VIVAnews - Populasi jutawan di kawasan Asia Pasifik tumbuh secara signifikan baik dari sisi jumlah orang dan nilai kekayaannya. Bahkan, pada akhir 2009, jumlah populasi orang kaya di Asia Pasifik untuk pertama kalinya setara dengan orang kaya Eropa. Jumlahnya mencapai 3 juta orang dengan total kekayaan US$9,7 triliun.

Itu terungkap dari laporan terbaru Merrill Lynch Global Wealth Management dan Capgemini pada 2010 yang baru saja dirilis.

Menurut Merrill Lynch, negara-negara emerging Asia seperti China, India, Indonesia dan Thailand menjadi mesin utama pertumbuhan bagi orang makmur di kawasan Asia.

India dan China, dua negara yang mengalami pertumbuhan pesat di sektor industri menjadi dua negara yang menikmati pasar ekspor dan besarnya pasar domestik. Dengan perkembangan tersebut, China dan India bukan sekadar  memimpin pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik, namun juga pesatnya pertumbuhan jutawan.

Berikut ini 10 negara yang menjadi rumah bagi orang makmur terbanyak di Asia Pasifik.

1. JEPANG

Total harta US$3.892 miliar
Papan reklame LCD di gedung-gedung Kota Tokyo Jepang sejauh ini merupakan pasar tunggal jutawan terbesar di Asia Pasifik. Populasi orang kaya di Jepang sendiri menyumbang 54,6 persen dari seluruh populasi jutawan di kawasan ini. Harta yang dimiliki juga mencakup 40,3 persen dari total kekayaan jutawan di Asia Pasifik. Namun, pertumbuhan orang makmur di negara ini tersendar mengingat perlambatan ekonomi Jepang serta lemahnya kinerja bursa saham. Kapitalisasi pasar di bursa Jepang hanya naik 6,1 persen pada 2009 dibandingkan rata-rata bursa Asia yang naik 87,9 persen. Populasi jutawan Jepang naik 20,8 persen menjadi 1,65 juta orang dengan kekayaan naik 22,4 persen menjadi JUS$3,9 triliun.

2. CHINA

Total harta US$2.347 miliar
Pertumbuhan Ekonomi Cina : Shanghai China, negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dunia, menjadi rumah terbesar kedua bagi jutawan di kawasan Asia Pasifik. Total jutawan di China mencapai 477 ribu orang atau naik 31 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan, jumlah hartanya sebanyak 2.347 miliar atau setara 24,3 persen kekayaan jutawan Asia Pasifik. Kenaikan itu dipicu oleh lonjakan kapitalisasi bursa saham China lebih dari 100 persen pada 2009.

3. AUSTRALIA
Total harta US$519 juta
Australia Australia menempati posisi ketiga sebagai negara dengan populasi orang kaya terbanyak di Asia. Total jutawan di Australia tumbuh 34 persen menjadi 174 ribu orang dengan nilai kekayaan US$519 miliar. Ini mencakup 5,4 persen pangsa jutawan di Asia Pasifik. Meski begitu, sebagian besar orang kaya Australia tergolong kelompok kaya terendah dengan harta US$ 1-5 juta atau Rp900 juta - Rp4,5 miliar.

4. INDIA

Total harta US$477 miliar
Taj Mahal, India India, negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua di Asia setelah China, menempati posisi keempat sebagai negara dengan populasi jutawan terbanyak di Asia Pasifik. Total kekayaan jutawan India mencapai US$477 miliar atau 4,9 persen dari total kekayaan orang makmur di Asia Pasifik. Jumlah jutawan sebanyak 127 ribu orang atau tumbuh 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Seperti halnya China, India juga diuntungkan oleh besarnya ekspor dan pasar domestik.

5. HONG KONG
Total harta US$379 miliar
Hong Kong Hong Kong menempati posisi kelima sebagai negara dengan jumlah jutawan terbanyak di Asia Pasifik. Total kekayaan jutawan Hong Kong sebanyak US$379 miliar atau 3,9 persen dari total harta orang makmur di Asia Pasifik. Jumlah jutawan Hong Kong sebanyak 76 ribu orang atau tumbuh 104 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

BERSAMBUNG ....

BACA JUGA

Enam Kabupaten Super Kaya di Indonesia

Para Penguasa Emas Dunia



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
i ? indonesia
08/10/2010
ffffd
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com