Menkeu Buru 4,6 Juta Orang Kaya

Menteri Keuangan Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Dwi Darmawan

VIVAnews - Pemerintah akan terus memburu orang-orang kaya di Indonesia. Perburuan terkait masalah pajak.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Karena itu Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo meminta masyarakat berpenghasilan menengah ke atas jujur melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak.
 
Agus mengatakan mereka yang berpotensi menjadi wajib pajak orang pribadi sudah seharusnya didata. "Jadi kalau melihat ada potensi (laporan Credit Suisse Global Wealth Report), kami terus akan ekstensifikasi," kata Agus di Kementerian Keuangan, Jumat 15 Oktober 2010.
 
Menurut laporan Credit Suisse Global Wealth Report yang baru dipublikasikan, kekayaan orang Indonesia melesat jauh dibandingkan dengan situasi pada masa krisis 1997 lalu. Total kekayaan pribadi orang Indonesia melonjak spektakuler hingga lima kali lipat menjadi US$1,8 triliun dalam satu dekade terakhir.

Menanggapi ini Agus berjanji akan menelusuri data-data yang memungkinkan. "Kami terus akan update dari sumber data mana pun," katanya. "Jadi kalau ada laporan besarnya masyarakat Indonesia yang berpenghasilan menengah ke atas tentu akan dicari, kami akan dalami."

Menurut Credit Suisse, komposisi kekayaan orang Indonesia, mirip dengan India. Sebagian besar atau 90 persen dari kekayaan mereka berupa aset properti. Rata-rata utang mereka juga relatif sedikit.

Indonesia memiliki 25 persen populasi dengan kekayaan kurang dari US$1.000 atau hampir setara dengan proporsi dunia sebesar 26 persen. Namun, keluarga yang memiliki kekayaan sebesar US$100 ribu atau hampir Rp1 miliar, sangat jauh dibandingkan dengan proporsi dunia.

Distribusi orang kaya yang memiliki kekayaan sebesar US$100 ribu hanya 2 persen atau 4,6 juta orang dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 233 juta jiwa. Ini jauh sekali dibandingkan dengan komposisi dunia sebesar 8 persen.

Definisi kekayaan yang dimaksud oleh Credit Suisse adalah aset finansial baik berupa keuangan dan non keuangan (khususnya properti). Dalam studi ini untuk masuk dalam jajaran 10 persen orang kaya dunia, seorang dewasa harus memiliki kekayaan US$72 ribu. Sedangkan, untuk masuk jajaran 1 persen orang kaya dunia, seorang dewasa harus memiliki kekayaan US$588 ribu. (umi)

Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024