BISNIS

Myanmar Ganti Bendera Nasional

Penggantian bendera ini sesuai konstitusi 2008 bentukan junta yang ingin simbol baru.
Jum'at, 22 Oktober 2010
Oleh : Pipiet Tri Noorastuti, Denny Armandhanu

VIVAnews - Junta militer Myanmar mengganti bendera nasionalnya dengan bendera baru yang lebih berwarna. Bendera baru ini diumumkan hanya selang dua minggu sebelum pemilihan umum pertama negara tersebut dalam 20 tahun.

Kantor-kantor pemerintah di seluruh Myanmar mulai mengganti bendera lama dengan yang baru serempak pada pukul tiga sore, Kamis, 21 Oktober 2010. Penggantian bendera dilakukan dalam bentuk upacara yang diikuti oleh semua pegawai pemerintahan.

Bendera lama berwarna merah dan biru dengan gambar gerigi roda dikelilingi 14 bintang dan setangkai padi di tengahnya digantikan dengan bendera baru yang berwarna garis-garis kuning, hijau, dan merah dengan bintang besar berwarna putih di tengahnya.

Penggantian bendera ini sesuai dengan konstitusi tahun 2008 bentukan junta yang menginginkan simbol nasional yang baru. Warna-warna pada bendera baru melambangkan solidaritas, perdamaian, persamaan, keberanian dan ketegasan.

Walaupun sudah direncanakan sebelumnya, tetap saja penggantian bendera ini membuat masyarakat kaget. Ditambah lagi, penggantian bendera diumumkan melalui televisi hanya sesaat sebelum upacara berlangsung.

“Kami mendapat perintah untuk menurunkan bendera lama dan menggantinya dengan bendera baru pada pukul tiga. Tapi ketika upacara hampir berlangsung, kami masih belum mendapat kiriman bendera yang baru,” ujar seorang pegawai pada kantor pemerintahan di kota Pathein, Irrawaddy, seperti dikutip dari laman Associated Press.

Dengan penggantian ini, berarti Myanmar telah dua kali mengganti bendera nasionalnya. Bendera pertama, berwarna kuning, hijau dan merah dengan gambar merak di tengahnya, digunakan pada jaman pendudukan Jepang tahun 1943-1945. Lambang merak ini juga digunakan pada lambang partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang diketuai Aung San Suu Kyi.

Penggantian kedua ini hanya selang dua minggu menjelang pemilihan umum pertama Myanmar dalam 20 tahun. Pemilihan umum sebelumnya, tahun 1990, yang dimenangkan oleh NLD dianulir oleh junta dan Suu Kyi ditahan. Para kritikus menganggap perubahan pada konstitusi serta pemilihan umum yang akan datang adalah akal-akalan junta untuk semakin mencengkeram Myanmar.(ywn)

TERKAIT
TERPOPULER