Memiliki 17 ribu ATM

Layanan ATM Empat Bank Negara Disatukan

VIVAnews - Sistem jaringan ATM empat bank negara akan diintegrasikan guna meningkatkan pelayanan nasabah. Dengan langkah ini, 17 ribu ATM bank negara akan terintegrasi.

Penyatuan jaringan ATM bank-bank negara bagian dari kerja sama antara empat bank anggota Himpunan Bank Negara (Himbara) dengan PT Telekomunikasi Indonesia terkait Pengembangan Transaksi Elektronik. Keempat bank negara tersebut adalah Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, serta Bank Tabungan Negara. 

"Tahap awal dalam kerjasama ini adalah merealisasikan pengintegrasian sistem jaringan ATM keempat bank," ujar Agus Martowardojo, Ketua Himbara yang juga Direktur Utama Bank Mandiri di sela penandatangan kerja sama yang disaksikan oleh Menteri Negara BUMN, Sofyan Djalil pada Selasa, 30 Desember 2008.

Selanjutnya, menurut dia, kerja sama akan diperluas untuk mesin EDC (Electronic Data Capture) serta channel lainnya. Ke depan, diharapkan pengintegrasian ini diarahkan untuk menuju-independent Self Regulatory Organization (SRO).  

Kerja sama ini merupakan tindak lanjut atas Nota Kesepahaman Himbara-Telkom pada 18 September 2008 lalu. Ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah anggota Himbara, serta menciptakan efisiensi atas biaya transaksi bank, sekaligus menaikkan pendapatan bank dan Telkom.

Ermady, pejabat Telkom menyambut gembira kerja sama ini. "Kami siap mendukung dan memberi layanan terbaik kepada seluruh nasabah bank negara."

Berdasarkan potensi Transaksi Elektronik per posisi November 2008, saat ini bank anggota Himbara memiliki 17.386 ATM atau 37 persen dari total ATM di Indonesia dengan jumlah transaksi per bulan sekitar 2,1 juta transaksi antar nasabah Himbara.

Sedangkan Kartu Debit berjumlah 16 juta kartu atau 47 persen dari total Kartu Debit di Indonesia. Keempat bank anggota Himbara tersebut juga telah memiliki 46 ribu EDC atau 29 persen dari total EDC di Indonesia.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024