Cadangan Devisa Indonesia Kalah dari Malaysia

Nasabah menukar uang dolar di Bank Korea, Seoul
Sumber :
  • AP Photo/Ahn Young-joon

VIVAnews - Bank Indonesia mengaku belum puas dengan perolehan cadangan devisa yang kini sudah mencapai US$93 miliar. Nilai cadangan devisa itu dianggap masih kecil.

"Kalau melihat kondisi krisis 1998, Indonesia masih perlu berjaga-jaga," kata Deputi Gubernur BI Hartadi A. Sarwono dalam Investor Summit 2010 di Jakarta, Kamis, 11 November 2010.

Menurut Hartadi, cadangan devisa yang diperkirakan bisa menembus US$100 miliar ini masih kecil jika dibandingkan dengan negara-negara dengan tingkat pertumbuhan yang sama, seperti Malaysia dan Thailand.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

"Mereka sudah diatas US$100 miliar," katanya.

Walau demikian, dengan perolehan cadangan devisa ini, Indonesia mampu meningkatkan kemampuan pembiayaan impor dan pembayaran utang jangka pendek pemerintah dari empat bulan menjadi tujuh bulan. Sayangnya Hartadi tidak menjelaskan berapa nilai cadangan devisa yang semestinya dimiliki negara sebesar Indonesia. (kd)

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Stafsus Kementan Akui Pernah Diperintah SYL Urus Ultah Nasdem

Mantan Staf KhususSyahrul Yasin Limpo alias SYL di Kementan RI, Imam Mujahidin Fahmid mengatakan dirinya sempat mendapatkan perintah dari SYL untuk mengurus ultah NasDem.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024