Mana Lebih Liberal, Ekonomi RI, India, China?

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Bila Freedom House dan banyak lembaga lainnya mengukur tingkat kebebasan politik di masyarakat, Fraser Institute dari Kanada justru melihat sisi yang lain, yakni tingkat kebebasan ekonomi.

Ukurannya adalah kebebasan untuk terlibat dalam kegiatan perekonomian, memelihara kekayaan yang diperoleh secara sah menurut hukum, dan menikmati persamaan kesempatan tanpa campur tangan pihak mana pun.

Dalam laporan tahunan Economic Freedom of the World 2010 yang dirilis baru-baru ini disebutkan, indikasi dari jenis kebebasan itu adalah belanja keseluruhan lembaga-lembaga pemerintah, struktur hukum sebuah negara dan perlindungan hak kekayaan.

Selain itu, terdapat akses terhadap persediaan uang yang sehat, kebebasan berdagang di forum internasional, dan aturan terbatas tapi efektif terhadap kredit, ketenagakerjaan, dan praktik-praktik bisnis.

"Indikator-indikator itu dimonitor secara berkesinambungan dan diperbarui dalam laporan tahunan Economic Freedom of the World," tulis publikasi laporan tahunan itu.

Bila mengacu Economic Freedom of World Index atau Indeks EFW yang mengukur kebebasan ekonomi lebih dari 100 negara di dunia, bagaimana skor Indonesia dibanding India dan China, dua raksasa ekonomi di kawasan Asia itu?

Berdasarkan data Indeks EFW 1980, Indonesia sempat mengungguli China, namun kalah dari India. Skor Indonesia pada 1980 adalah 5,20, sedangkan China 3,99 dan India lebih tinggi, yakni 5,39.

Namun, pada 2008, dalam ukuran kebebasan ekonomi, China mampu melesat kencang dan meninggalkan India serta Indonesia. Skor untuk China pada periode itu mencapai 6,65, India 6,51, sedangkan Indonesia 6,44.

Mengawali dari tingkat yang sangat rendah, China mengembangkan kebebasan ekonominya dengan mengesankan. Negeri Tirai Bambu itu masih terus meningkatkan ukuran kebebasan ekonominya hampir setiap tahunnya.

Sementara itu, India mengembangkan tingkat kebebasan ekonominya dengan kecepatan lebih rendah. Bahkan mundur sejak 2005.

Bagaimana dengan Indonesia? Meski skor lebih bontot dibanding China dan India, pertumbuhan kebebasan ekonomi Indonesia lebih baik dibanding India. Hal itu karena pada krisis ekonomi 1997-1998, perkembangan di Indonesia tidak secepat China.

Meski demikian, tingkat kebebasan ekonomi di Indonesia terus bertumbuh dan mendorong pandangan optimistis di dalam negeri. Bahkan, bila pemerintah mendukung, dalam perkembangannya, menurut laporan tahunan Economic Freedom of the World itu, Indonesia dapat mengambil alih pertumbuhan kebebasan ekonomi di India, Rusia, Afrika Selatan, dan China. (hs)

Hasil Qatar Vs Timnas Indonesia U-23 Dibatalkan karena Protes ke AFC? Begini kata Sang Manajer

Baca Juga: Indonesia Dibanding Brazil, Rusia, China, India

Pentingnya Akses Air Bersih dalam Menyempurnakan Ibadah

Ahmad mengungkapkan bahwa air bersih sangat dibutuhkan warga pesantren dan sekitar untuk mandi, berwudhu dan kebutuhan ibadah lainnya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024