Jatuh 3%, Harga Emas Kembali Melambung

Ilustrasi Emas
Sumber :
  • goldprice.org

VIVAnews - Harga emas kembali naik setelah anjlok hingga tiga persen dalam transaksi akhir pekan lalu. Emas untuk pengiriman Desember ditutup naik US$3 ke level US$1.368,50 per ons di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Gibran Ingin Bertemu Semua Lawan Politiknya, Ganjar Bilang Selalu "Open House"

Harga emas tertinggi US$1.375,50 dan terendah US$1.356,50 selama sesi Senin 15 November 2010

Investor emas mencoba kembali ke pasar setelah Jumat lalu, 12 November 2010 melakukan aksi jual. Data penjualan ritel Oktober yang jauh lebih baik dibanding perkiraan sebelumnya, membuat investor saham semakin optimistis.

Sayangnya, pada saat yang sama, investor dikagetkan data perkembangan sektor manufaktur yang lebih jelek dari perkiraan, sehingga emas masih tetap menjadi pilihan.

Dalam jangka menengah, ketidakpastian global, ketidakstabilan mata uang, dan isu krisis Irlandia diperkirakan bisa memicu kenaikan emas. "Namun, volatilitas tampaknya akan tetap menjadi bagian dalam sesi mendatang," kata James Moore, analis emas di thebulliondesk.com.

Selain itu, James mengatakan, fundamental dolar AS yang melemah juga menjadi alasan investor membeli emas. Investor akan menghindari kemungkinan inflasi yang berkepanjangan.

Sementara itu, mata uang euro justru terpukul selama sepekan terakhir karena ketidakmampuan beberapa negara Uni Eropa mengumpulkan dana tunai. Tiga negara yakni, Irlandia, Portugal, dan Spanyol berpotensi gagal bayar atas obligasi mereka.

Pejabat Uni Eropa berusaha mendorong Irlandia dengan memberi dana talangan US$680 miliar, namun negara ini menolak. Menteri Keuangan Batt O'Keeffe mengatakan bahwa Irlandia belum memerlukan dana tunai. (TheStreet l art)

Dorong Kesejahteraan Pegawai, Bank Mandiri Integrasikan Program Well-Being
Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut .

Wakil Bupati Sindir Bupati Manggarai yang Pecat Ratusan Nakes

Wakil Bupati Heribertus Ngabut akhirnya buka suara soal pemecatan nakes maupun tentang kewenangan dia sebagai Wakil Bupati yang terkadang seperti ban serep.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024