Garuda Indonesia Ambisi Jadi Pemain Global

Garuda Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Tidak lama lagi, maskapai penerbangan nasional terbesar PT Garuda Indonesia (Garuda) bakal menjadi maskapai penerbangan global. Pasalnya, mulai 23 November mendatang, Garuda bakal resmi mendaftar sebagai anggota aliansi Skyteam Global Airlance Alliance.

Maskapai pelat merah itu juga bermimpi untuk bisa menjadi salah satu dari 10 penerbangan terbaik dunia sekaligus bandara terbaik.

"Dengan masuk aliansi, maka Garuda akan menjadi  maskapai global," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar usai Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT Angkas Pura I di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis, 18 November 2010.

Menurut Emirsyah, dengan masuk dalam aliansi Skyteam tersebut, Garuda Indonesia nantinya bisa mengangkut penumpang dari maskapai penerbangan lain yang masuk dalam aliansi tersebut.

Di sisi lain, penumpang Garuda juga bisa terbang ke sejumlah negara di dunia karena bisa menaiki maskapai penerbangan dalam aliansi itu. "Penumpang Garuda bisa terbang kemana-mana dengan satu tiket," katanya.

Sebagai informasi, Situs resmi Skyteam menyebutkan saat ini aliansi beranggotakan maskapai penerbangan yaitu Aerosoft, Aeromexico, AirEuropa, Air France, Aitalia, China Southern, Czeh Airlines, Delta Airlines, Kenya Airways, KLM, Korean Air, TAROM, dan Vietnam Airlines.

Resmi, Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Nathan Tjoe-A-on

Disamping itu anggota aliansi kemungkinan akan bertambah dengan masih diprosesnya keanggota maskapai penerbangan China Eastern dan China Airlines, termasuk Garuda Indonesia.

Emirsyah menjelaskan, untuk bisa bergabung dalam aliansi global, setiap maskapai penerbangan setidaknya harus memiliki dedicated terminal. Selain itu, maskapai dan airport juga harus memenuhi paling tidak 29 kriteria untuk bisa masuk dalam aliansi.

"Sampai berapa lama perjalanan ke Bandara pun nanti akan dihitung," katanya.

Untuk diketahui, Garuda Indonesia sebelumnya sudah menandatangani MoU peningkatan pelayanan fasilitas Bandara 2E dan 2F yang akan menjadi dedicated terminal di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.

Untuk melebarkan bisnisnya, Garuda hari ini juga menandatangani komitmen serupa dengan PT Angkasa Pura I untuk peningkatan fasilitas pelayanan dan penataan terminal di Bandara Internasional Juanda di Surabaya dan Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar.

Ilustrasi kekerasan.

TNI AL dan Brimob Bentrok di Pelabuhan Sorong, Begini Endingnya

Prajurit TNI AL terlibat bentrokan dengan sejumlah anggota Brimob di Pelabuhan Sorong, Papua Barat Daya pada Minggu 14 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024